Tekanan Utang Indonesia Bisa Bertambah, Bagaimana Mengatasinya?

Indonesia dimasukkan dalam negara dengan proporsi utang berdenominasi US$ yang tinggi, bersama Argentina dan Kolombia. Indonesia juga disebut terkait penyelenggaraan pemilihan umum untuk memilih pemimpin yang baru.

Saeno

16 Jan 2023 - 20.11
A-
A+
Tekanan Utang Indonesia Bisa Bertambah, Bagaimana Mengatasinya?

Indonesia dimasukkan dalam negara dengan proporsi utang berdenominasi US$ yang tinggi,/Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Indonesia setidaknya disebut dua kali dalam Global Risks Report 2023 yang diterbitkan World Economic Forum. Indonesia dimasukkan dalam negara dengan proporsi utang berdenominasi US$ yang tinggi, bersama Argentina dan Kolombia. Indonesia juga disebut terkait penyelenggaraan pemilihan umum untuk memilih pemimpin yang baru.

Terkait utang, World Economic Forum dalam Global Risks Report (GRP) 2023 menyebutkan jika kejatuhan ekonomi dunia relatif terkendali, pertumbuhan global diperkirakan melambat menjadi 2,7 persen pada tahun 2023. Dalam kondisi seperti itu, sekitar sepertiga ekonomi dunia akan menghadapi resesi teknis.

Dalam GRP 2023 disebutkan bahwa penurunan pertumbuhan ekonomi  akan dipimpin oleh pasar [negara] maju, dengan pertumbuhan diproyeksikan turun ke 1,1 persen pada 2023. Sementara itu, ekonomi terbesar yakni Uni Eropa, China, dan Amerika Serikat terus menghadapi tantangan pertumbuhan.

BACA JUGA: Membaca Ular Tangga Utang Indonesia 2022

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.