Tekfin Danai.id Dapat Penyaluran Kredit dari BTPN

Finansial teknologi Danai.id mendapatkan penyaluran kredit UMKM dari Bank BTPN demi memperluas pembiayaan produktif

Rinaldi Azka

29 Feb 2024 - 21.06
A-
A+
Tekfin Danai.id Dapat Penyaluran Kredit dari BTPN

Teknologi finansial Danai.id./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Fintech lending Danai.id bersama PT Bank BTPN Tbk (BTPN) menjalin kerja sama channeling atau penerusan kredit yang bertujuan meningkatkan akses pembiayaan sektor produktif bagi UMKM, sekaligus mendorong kontribusi industri fintech lending terhadap perekonomian nasional.

BTPN memilih Danai.id sebagai mitra strategis dalam menyalurkan pembiayaan produktif. Dengan menggunakan teknologi fintech lending yang dimiliki Danai.id, diharapkan proses pembiayaan menjadi lebih efisien, transparan, dan dapat dijangkau oleh UMKM yang berada di berbagai daerah di Indonesia.

Direktur Utama Danai.id Azhar Abdul Wahab mengapresiasi atas kepercayaan dari Bank BTPN untuk menjadi mitra dalam penyaluran kredit produktif kepada UMKM. 

“Hal ini membuktikan bahwa perusahan kami Danai.id merupakan perusahaan yang sehat dan memiliki tingkat risiko yang sesuai dengan risk appetite Bank BTPN. Perusahaan kami berdiri sejak 2018 dan bertumbuh secara konservatif tetapi pasti," katanya, Kamis (29/2/2024).

Dengan total penyaluran kredit yang telah diberikan sebanyak Rp488 miliar, dan tingkat TKB 90 yang terjaga sebesar 99,46%, menunjukan prinsip pemberian kredit yang penuh kehati-hatian dan sehat. Danai.id sudah menghasilkan profit sejak Desember 2022 dan terus konsisten menghasilkan profit dari bulan ke bulan.

Baca Juga : Ingin Buka Rekening Syariah? Kenali Dulu Perbedaan Akad Mudharabah dan Akad Wadiah 


Direktur Bisnis Adiwisista Finansial Teknologi Irianto Gunawan menyampaikan bahwa ada 3 produk fokus Danai.id dalam memberikan fasilitas kredit kepada UMKM, yaitu fasilitas pembiayaan invoice, fasilitas pembiayaan micro-developer, dan fasilitas pembiayaan inventory. 

Saat ini sekitar 80% dari porsi pembiayaan Danai.id masih pada pembiayaan invoice, tetapi ke depannya di harapkan porsi pembiayaan lain juga bisa mengalami peningkatan dan pertumbuhan yang lebih besar.

Kerja sama ini, kata Irianto, merupakan salah satu wujud sinergi antara fintech lending dengan perbankan yang sama-sama memiliki visi untuk mendukung program pemerintah dalam pembiayaan UMKM. 

Baca Juga :  Prospek Saham Bank Jumbo Kala Prabowo-Gibran Ungguli Pilpres 2024 

Kerjasama dengan Bank BTPN ini lebih dari sekadar bentuk kerjasama dalam upaya perluasaan pangsa pasar nasabah pembiayaan, tetapi juga menunjukkan adanya peningkatan kepercayaan dari mitra-mitra strategis industri perbankan kepada Perusahaan fintech lending.

"Kesamaan visi serta komitmen Bank BTPN dan Danai.id dalam hal pentingnya mendukung percepatan program-program pemerintah dalan hal digitalisasi inklusi keuangan mendasari kerjasama ini. Pembiayaan bagi nasabah individu maupun UMKM merupakan salah satu kekuatan utama usaha Danai.id, target yang sama pula dari Bank BTPN,” imbuhnya.

Adiwisista Finansial Teknologi adalah perusahaan Fintech Lending (P2P Lending) yang  mengelola platform Danai.id. Dia menyediakan solusi pelayanan jasa keuangan dengan mengandalkan teknologi sebagai prasarana untuk menghadirkan solusi kepada masyarakat. Danai.id adalah platform yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk memberikan layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi.

Penandatanganan kerja sama penerusan pinjaman atau channeling tersebut dilakukan pihak PT Bank BTPN Tbk oleh Purnomo B. Soetadi selaku Head of Retail Lending Business dan Fiandra M. Affian selaku Joint Finance Head dengan pihak PT. Adiwisista Finansial Teknologi (Danai.id) yang diwakili oleh Direktur Utama Danai.id Azhar Abdul Wahab dan Direktur Bisnis Danai.id Irianto Gunawan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.