Teknologi Hijau, HYVIA Tambah Dua Kendaraan Hidrogen Baru

Setelah peluncuran Renault Master Van H2-Tech pada bulan lalu, HYVIA meluncurkan dua prototipe kendaraan komersial ringan hidrogen.

Fatkhul Maskur

25 Nov 2021 - 11.52
A-
A+
Teknologi Hijau, HYVIA Tambah Dua Kendaraan Hidrogen Baru

Renault Master City Bus H2-TECH. - Foto2 Renault

Bisnis, JAKARTA - HYVIA terus memimpin mobilitas berteknologi hijau H2. Setelah peluncuran Renault Master Van H2-Tech pada bulan lalu, HYVIA meluncurkan dua prototipe kendaraan komersial ringan hidrogen dengan nol emisi CO2, peningkatan jangkauan, dan waktu pengisian bahan bakar 5 menit.

HYVIA adalah perusahaan pertama yang menawarkan solusi turnkey untuk mobilitas hidrogen. HYVIA terlahir dari kolaborasi Renault Group, pemain utama dalam industri otomotif, dengan Plug Power, pemimpin dunia dalam solusi hidrogen.

Kedua prototipe HYVIA terbaru itu adalah Renault Master Chassis Cab H2-TECH, dan Renault Master City Bus H2-TECH.

"HYVIA bergerak cepat. Setelah kurang dari enam bulan berdiri, kami meluncurkan tiga Kendaraan Komersial Ringan Hidrogen: Van, Chassis Cab, dan Bus Kota. Untuk memenuhi penggunaan yang berbeda, untuk armada atau wilayah profesional," kata David Holderbach, CEO HYVIA, seperti dikutip dalam keterangan pers Renault, Kamis (25/11/2021).

Renault Master Chassis Cab H2-Tech diluncurkan di Solutrans, dari 16-20 November (Eurexpo Lyon, Prancis). Kendaraan ini memungkinkan jangkauan sekitar 250km dan kemungkinan besar konversi yang dibuat khusus. 

Kendaraan ini memenuhi kebutuhan para profesional yang mencari solusi yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka, misalnya kemungkinan konversi box van dengan ruang kargo 19m3.

Ini adalah rilis pertama yang nyaman untuk pengangkutan barang dalam jumlah besar dan paket hingga 1.000 kg muatan.

Master Chassis Cab H2-TECH dilengkapi dengan sel bahan bakar 30kW, baterai 33kWh, dan tangki berisi 3kg hidrogen (2 tangki 1,5 kg) pada 700 bar.

Kendaraan ini menampilkan teknologi hidrogen on-board, meningkatkan pengoperasian sel bahan bakar dan aliran hidrogen.

Renault Master City Bus H2-TECH disajikan untuk pertama kalinya di Salon des Maires dari 16-18 November (Porte de Versailles, Paris, Prancis). 

Minibus perkotaan ini dapat mengangkut hingga 15 penumpang, dengan jarak tempuh sekitar 300 km. Ini sangat ideal untuk bisnis, angkutan kota, dan layanan publik lokal.

Master City Bus H2-TECH dilengkapi, baterai 33kWh, dan tangki berisi 4,5kg hidrogen pada 350 bar. Mobil ini akan dirakit di Prancis. Integrasi kendaraan, e-motor dan hidrogen juga dilakukan di Prancis.

Kedua kendaraan akan tersedia pada 2022 dengan solusi produksi dan distribusi hidrogen hijau.

TEKNOLOGI SPBH

HYVIA juga mengungkapkan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Hidrogen, sebagai penawaran opsi pengisian bahan bakar kepada pelanggan di mana infrastruktur hidrogen masih dalam pengembangan. 

"HYVIA adalah tentang solusi konkret untuk berada di jalur yang tepat untuk memenuhi tantangan mobilitas hidrogen hijau dan dekarbonisasi transportasi," kata Holderbach.

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Hidrogen HYVIA: untuk waktu pengisian bahan bakar yang cepat (5 menit), sesederhana termis, untuk memaksimalkan ketersediaan kendaraan.

Perakitan sel bahan bakar dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Hidrogen akan dimulai di pabrik Flins.

EKOSISTEM HYVIA

Kendaraan komersial ringan dengan sel bahan bakar, stasiun pengisian, pasokan hidrogen hijau, pemeliharaan dan manajemen armada adalah penawaran unik HYVIA yang mengintegrasikan seluruh ekosistem mobilitas hidrogen untuk memberikan solusi yang lengkap dan terintegrasi.

Holderbach mengatakan ekosistem HYVIA secara penuh akan tersedia pada 2022.

Renault Master diproduksi di pabrik Batilly di Prancis, sementara integrasi listrik dan hidrogen diwujudkan oleh PVI, anak perusahaan Grup Renault di Gretz-Armainvilliers. E-motor diproduksi di pabrik Cleon.

Setelah itu, menurut Holderbach, HYVIA lebih banyak lagi yang akan datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.