Teknologi Kecerdasan Buatan Dorong Pertumbuhan Data Center

Walaupun tingkat penggunaan data Indonesia saat ini masih rendah, di bawah 1 watt per kapita dibandingkan 10-100 watt per kapita di negara-negara Asia lainnya, namun Indonesia menunjukkan potensi pertumbuhan yang substansial.

Yanita Petriella & Leo Dwi Jatmiko

11 Jun 2024 - 20.24
A-
A+
Teknologi Kecerdasan Buatan Dorong Pertumbuhan Data Center

Ilustrasi data center. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Kehadiran teknologi berbasis artificial intelligence (AI) ternyata membawa dampak positif dalam perkembangan industri data center di wilayah Asia Pasifik termasuk Indonesia. 

Senior Research Advisor Knight Frank Indonesia Syarifah Syaukat mengatakan merujuk data The Wealth Report memperkirakan melonjaknya permintaan akan ruang untuk data center pada 2025, khususnya dari perusahaan-perusahaan teknologi dan informatika. 

Lokasi diperkirakan akan terkonsentrasi yang berdekatan dengan kawasan-kawasan industri hingga kampus-kampus atau hub teknologi yang terjalin erat dengan riset dan pengembangan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).
Pada 2023, area Jabodetabek didominasi permintaan ruang data center yang cukup signifikan hingga 33% dari penyerapan pasar. 

“Tren ini juga telah bertahan dalam tiga tahun terakhir, mengindikasikan pertumbuhan yang terjaga dari infrastruktur data di dalam kawasan-kawasan industri di greater Jakarta,” ujarnya, Selasa (11/6/2024). 
Menurutnya, merebaknya kemunculan AI tahun ini telah mengirim gelombang kejut ke seluruh pasar data center global dengan tingkat penyerapan yang menyentuh rekor dan peningkatan quantum yang dilaporkan di Amerika Serikat dan Eropa, sedangkan Asia diperkirakan akan segera menyusul. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.