Telaah Strategi Garuk Cuan dari Menara Bekas ala MTEL

Dengan mayoritas menara yang dikelolanya berada di luar Jawa dan merupakan bekas pakai Telkomsel, Mitratel butuh strategi khusus untuk mengerek rasio ketersewaan BTS dari 1,5x menjadi 1,95x. Lalu, apa kelebihan MTEL yang tidak dimiliki pemain menara lain?

Wike D. Herlinda

31 Jan 2022 - 16.30
A-
A+
Telaah Strategi Garuk Cuan dari Menara Bekas ala MTEL

Petugas Telkomsel meninjau peningkatan kapasitas jaringan di salah satu BTS di Sumatra Bagian Selatan./dok. Telkomsel

Bisnis, JAKARTA — Selaras dengan makin agresifnya operator seluler bermigrasi dari jaringan 3G ke 4G, aksi jual menara pemancar pun jamak dilakukan. Akan tetapi, tidak banyak yang tahu seperti apa sebenarnya bisnis dan tata kelola BTS bekas yang dijual perusahaan telekomunikasi. 

Stasiun pemancar atau base transceiver station (BTS) bekas, terutama yang sebelumnya dipakai oleh PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), menjadi kolam bisnis tersendiri yang potensial menghasilkan cuan besar di industri telekomunikasi.  

Salah satu pembeli setia ribuan BTS yang ditinggalkan oleh Telkomsel adalah PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk. atau Mitratel, yang notabene juga merupakan anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM).

(BACA JUGA: Berkah Industri Menara di Ujung Kepunahan 3G)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
company-logo

Lanjutkan Membaca

Telaah Strategi Garuk Cuan dari Menara Bekas ala MTEL

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.