Terpikat Mitsubishi XForce pada Impresi Pertama

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan Xforce secara wholesales mencapai 2.723 unit sepanjang 2023. Data menunjukkan pengiriman kepada dealer mulai dilakukan sejak Oktober 2023.

Jaffry Prabu Prakoso

22 Feb 2024 - 15.54
A-
A+
Terpikat Mitsubishi XForce pada Impresi Pertama

Mitsubishi XForce pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. / Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Perayaan tahun baru 2024 menjadi petanda bagi Welldi Nursal membeli mobil baru. Jika dihitung, sudah lima kali warga Bekasi, Jawa Barat tersebut berganti kendaraan roda empat dengan berbagai merek.

Welldi menjadikan mobil sebagai alat transportasi sehari-hari, khususnya berangkat ke kantor. Itu sebabnya kendaraan yang nyaman dipakai menjadi sebuah keharusan bagi dia.

Dari gempuran merek mobil di Tanah Air, Welldi setia pada pabrikan asal Jepang. Paling tidak, dia sudah yakin dengan kualitas, durabilitas, hingga purna jual.

Pilihan jatuh pada jenama Mitsubishi. Welldi tahu perusahaan dengan logo tiga berlian merah tersebut mengenalkan kendaraan model baru, yakni Xforce. Dia bersama istri langsung mendatangi showroom Mitsubishi terdekat.

“Awalnya cuma ingin tahu kaya apa XForce. Pas lihat dan test drive langsung  tertarik. Pagi test drive, siangnya mantab untuk beli dan lanjut komunikasi sama sales-nya,” katanya kepada Bisnis awal pekan ini.

Baca juga: Daftar Diskon Harga Mobil Selama IIMS 2024

Welldi memesan Mitsubishi Xforce Ultimate. Setelah datang, tak ada sedikitpun penyesalan. Menurut dia, warna hitam mika yang dia pesan sangat keren. Saat dibawa bepergian, perasaan berkendara baik jadi pengemudi ataupun penumpang sangat nyaman. Kursi roda dan tongkat yang biasa digunakan mertuanya juga bisa masuk ke dalam.

Di jalan, Welldi merasa sangat percaya diri karena XForce masih jarang. Konsumsi bahan bakarnya pun dia rasa irit. “Value for money-nya dapat. Tinggal ditunggu XForce hybrid-nya,” jelasnya menantikan kendaraan serupa dengan tipe lebih ramah lingkungan.

Tak jauh berbeda dengan Welldi, Alitcad Wahyudi juga sedang butuh kendaraan pengganti untuk sang istri. Saat itu, rentang waktunya kebetulan berdekatan dengan peluncuran perdana XForce.




Semua bermula dari pesan masuk melalui surat elektronik atau email yang diterima Alitcad. Isinya tentang bocoran produk baru Mitsubishi di kelas sport utility vehicle (SUV). Ternyata, mobil anyar itu adalah XForce. “Saya tawarkan ke istri dan kebetulan minat juga,” katanya kepada Bisnis.

Warga Bandung, Jawa Barat itu ikut dalam antrean preorder pada Agustus 2023. Tiga bulan kemudian, mobil yang ditunggu-tunggu tiba di kediaman Alitcad.

Pertama kali mengendarai XForce, Alitcad dibuat puas. Dia dan istri merasa nyaman berkendara keliling Bandung untuk harian atau keluar kota saat ada momen tertentu. Perjalanan paling jauhnya menggunakan XForce adalah sampai Jakarta.

“Yang pertama buat saya mobilnya stiffs, tidak limbung dibawa di tol padahal ground clearance paling tinggi, responsif CVT-nya, dan fitur-fitur riding information-nya sangat membantu review cara mengemudi kita,” ungkapnya.

Mitsubishi XForce merupakan kendaraan penumpang dengan model compact SUV 5-seater. Hadir dengan tagline Infinite Xcitement, XForce dikembangkan dengan studi dan fokus bahwa model tersebut digunakan di wilayah Asean. 

Baca juga: Mendongkrak Pertumbuhan Penjualan Mobil Baru dari Perhelatan IIMS 2024

Kendaraan tersebut menggunakan sistem penggerak dua roda dengan tipe mesin 4A91 DOHC 16-valve, dan 4-cylinders. Kapasitas mesin XForce mencapai 1.499 cc dengan torsi maksimum 141 Nm/4.000 rpm dan tenaga maksimal 77kW/6.000 rpm.

Dari dimensinya, Mitsubishi XForce memiliki panjang 4.390 mm, lebar 1.810 mm, dan tinggi 1.660 mm. Wheelbase kendaraan ini mencapai 2.650 mm dan ground clearance 222 mm.

Suspensi depan XForce menggunakan MacPherson strut dengan suspensi belakang Torsion beam. Kemudian untuk pengereman menggunakan disk brakes dan memakai ban 18 inci.

Mulai Diekspor

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat penjualan Xforce secara wholesales mencapai 2.723 unit sepanjang 2023. Data menunjukkan pengiriman kepada dealer mulai dilakukan sejak Oktober 2023. Dilihat dari variannya, Xforce Exceed terkirimkan sebanyak 146 unit dan Ultimate sebanyak 2.574 unit.

Sementara itu, Mitsubishi Motors Corporation pada 5 Februari mengumumkan telah memulai ekspor Xforce yang diproduksi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), pabrik Mitsubishi Motors di Indonesia.


Mitsubishi XForce bersiap untuk diekspor. /Dok. Mitsubishi


Vietnam akan menjadi pasar ekspor pertama kendaraan tersebut di Asean. Kendaraan tersebut akan diluncurkan secara bertahap ke negara Asean lainnya lalu akan diikuti Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

“Ke depannya, kami berharap dapat mengekspor ke berbagai wilayah sehingga dapat memberikan kontribusi lebih lanjut bagi perekonomian Indonesia dan perkembangan industri otomotif Indonesia,” ungkap President dan Chief Executive Officer Mitsubishi Motors Takao Kato melalui keterangan pers. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.