Thailand Bidik Pengusaha Indonesia Tingkatkan Kerjasama Perdagangan

Thailand saat ini dianggap sebagai salah satu di antara basis-basis produksi terkenal terkait alat listrik dan elektronik di dunia.

Redaksi

19 Apr 2024 - 18.41
A-
A+
Thailand Bidik Pengusaha Indonesia Tingkatkan Kerjasama Perdagangan

Ilustrasi barang elektronik

Bisnis, JAKARTA – Tingginya populasi Indonesia yang mencapai 270 juta jiwa rupanya menarik negara lain membidik pasar Tanah Air. Terlebih, tahun ini pertumbuhan ekonomi Indonesia diproyeksikan dapat tumbuh dikisaran 5%. 

Hal ini membuat Pemerintah Thailand membidik pasar manufaktur dan perdagangan Indonesia. Adapun Thailand saat ini dianggap sebagai salah satu di antara basis-basis produksi terkenal terkait alat listrik dan elektronik di dunia. Thailand juga merupakan produsen cakram keras terbesar di dunia, produsen AC yang besarnya nomor dua di dunia, hingga menjadi produsen kulkas nomor empat di dunia.

Direktur Thai Trade Center Jakarta Hataichanok Sivara mengatakan terdapat banyak brand terkenal di dunia sudah dan sedang memilih Thailand sebagai tempat memproduksi barang mereka.

Menurutnya, agar negara Asean dapat bersama-sama berkembang maka melakukan kerja sama sejalan. 

“Thailand dianggap sebagai basis produksi yang kuat di bidang industri elektronik ini dengan slogan One Stop Solution. Untuk itulah Pemerintah Thailand menghimpun secara lengkap para pemasok dari suku cadang produksi sampai produk yang sudah jadi,” ujarnya, dikutip Jumat (19/4/2024). 

Hataichanok mengajak para wirausaha, para importir dan eksportir atau pemilik pabrik Indonesia yang bergerak di bidang perdagangan AC, alat teknologi untuk menghadiri pameran yang diadakan Pemerintah Thailand serta saling belajar dan bersama-sama menuju masa depan.

“Target event tersebut mensosialisasikan potensi dan produk, memperluas pasar dan menciptakan peluang bagi para mitra potensial di dunia untuk bertemu. Agar negara-negara Asean sama-sama berkembang, perlu ada kerja sama karena kalau negara mempunyai satu arah sendiri, akan sangat sulit untuk eksis,” katanya. 

Kementerian Perdagangan Thailand menggelar Bangkok RHVAC 2024 dan Bangkok E&E 2024 di EH 98-100 BITEC, Bangkok, Thailand, pada 4 hingga 7 September 2024. 

Acara ini mempertemukan produsen, pembeli, penjual, importir, eksportir dan mereka yang terlibat dalam industri AC, refrigerasi, kelistrikan, dan elektronik serta produk dan jasa dari hulu hingga hilir sebagai acara terbesar industri di Asia Tenggara.
Bangkok RHVAC adalah salah satu dari lima event pameran dan perdagangan penting di dunia untuk bidang refrigeration, heating, ventilation, dan AC. 


RHVAC merupakan acara pameran dan perdagangan terbesar kedua di kawasan Asia Pasifik dan terbesar di Asia Tenggara. Pameran ini akan memperkenalkan produk-produk kreatif yang baru seperti ti teknologi drone yang digunakan di bidang pertanian, teknologi penghemat energi, teknologi yang akrab lingkungan dan sebagainya. Pameran tahun ini akan dihadiri oleh perusahaan asal negara-negara Asean, Republik Korea, Jepang, India, Tiongkok, dan Eropa.
Tidak ada negara yang memiliki keunggulan di semua segi, maka kita bisa saling membantu untuk berkembang karena kita berada di kawasan CLMV dan bersama-sama punya FTA. Kami juga menjalankan aktivitas-aktivitas kerja sama dengan Jepang, mengadakan lokakarya tematik tentang pendingin dan mengundang wakil dari negara-negara, di antaranya ada Vietnam, Malaysia, Indonesia dan Filipina untuk hadir, berbagi kecenderungan tentang pengembangan industri listrik pendinginan di masing-masing negara,” tutur Hataichanok. 
Adapun sebagian besar produk listrik dan elektronik Thailand diekspor ke pasar Asia dan Timur Tengah. Oleh karena itu, badan-badan usaha negara-negara tetangga, misalnya, termasuk Indonesia, bisa memanfaatkan peluang yang diberikan pameran Bangkok RHVAC dan Bangkok E&E untuk memperkenalkan produk listrik dan elektronik ke dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.