Free

Thailand Siapkan Obligasi US$1 Miliar Dongkrak Ekonomi

Pemerintah Thailand akan menerbitkan obligasi negara senilai 500 miliar baht atau US$1 miliar untuk menstimulasi ekonomi.

Nindya Aldila

15 Feb 2024 - 20.14
A-
A+
Thailand Siapkan Obligasi US$1 Miliar Dongkrak Ekonomi

Perdana Menteri Thailand Srettha Thavisin (Dok. istimewa)

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah Thailand akan menerbitkan obligasi negara senilai 500 miliar baht atau US$1 miliar untuk menstimulasi ekonomi. 

Suntikan yang disebut dompet digital  adalah produk kebijakan dari partai berkuasa Pheu Thai. Kebijakan itu termasuk pembagian 10.000 baht kepada masing-masing 50 juta rakyat Thailand seperti dikutip The Business Times pada Kamis (15/2/2024). 

Namun pemerintah dihantui oleh kekhawatiran mengenai bagaimana pendanaannya, dan beberapa ahli menyebut langkah ini tidak bertanggung jawab secara fiskal.

Komite yang bertugas dalam skema penerbitan tersebut yang terdiri dari para bankir, ekonom, pejabat keuangan dan anggaran belum bisa mencapai kesimpulan dalam pertemuan hari ini. 

"Kami akan memastikan program ini bebas dari korupsi," ujar Wakil Menteri Keuangan Julapun Amornvivat.  

Perdana Menteri Srettha Thavisin, yang juga menjabat sebagai menteri keuanga telah berulang kali mengatakan bahwa perekonomian memerlukan dorongan besar dan program bantuan ini adalah jawabannya, meskipun hal ini mungkin akan tertunda dan menunggu konsultasi lebih lanjut.

Sementara itu, masyarakat Thailand saat ini tengah melihat tingginya suku bunga dan kredit perumahan menjadi faktor yang melemahkan ekonomi. 

Untuk itu, Srettha memendorong bank sentral untuk memangkas suku bunga, meski ditolak. 

Kementerian Keuangan telah memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi tahun 2024 menjadi 2,8 persen dari 3,2 persen, dan perkiraan pertumbuhan tahun 2023 sekarang menjadi 1,8 persen, dari perkiraan sebelumnya sebesar 2,7 persen. Perekonomian tumbuh 2,6 persen pada tahun 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.