The Fed Beri Sinyal Dovish, Aset Investasi Mana Paling Menarik?

Pasar investasi global menjadi makin menarik setelah the Fed memberikan sinyal kebijakan moneter yang lebih lunak tahun ini. Beberapa instrumen investasi dapat menjadi pilihan yang menarik untuk dipertimbangkan investor di tengah sentimen positif ini.

Emanuel Berkah Caesario

26 Mar 2023 - 16.46
A-
A+
The Fed Beri Sinyal Dovish, Aset Investasi Mana Paling Menarik?

Ilustrasi suku bunga AS. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Sinyal dovish the Fed dalam rapat pekan lalu menjadi sentimen positif bagi aset-aset minim risiko di Indonesia. Investor dapat lebih mencermati instrumen-instrumen berbasis surat utang untuk memanfaatkan peluang penguatan dalam jangka pendek. Meski begitu, aset lain pun tak kalah potensial.

Dalam pertemuan The Federal Open Market Committee (FOMC) 21-22 Maret 2023, the Fed memutuskan untuk mengerek target suku bunga acuan sebesar 25 basis poin atau 0,25 persen ke kisaran 4,75 – 5 persen dan menjadi level tertinggi sejak Oktober 2007.

Meski demikian, the Fed memberi sinyal dovish atau sikap yang lebih lunak dalam kebijakan moneter dalam beberapa bulan ke depan. Kenaikan sebesar 25 bps bulan ini pun lebih rendah dibanding estimasi awal pelaku pasar, terutama setelah pada awal Maret the Fed memberikan sinyal hawkish.

Keputusan the Fed ini tampaknya tidak dapat dilepaskan dari faktor kejatuhan sejumlah bank bulan ini. Jika the Fed terus ngotot untuk menaikkan suku bunga secara agresif demi menekan inflasi, bukan tidak mungkin akan ada lebih banyak bank yang mengalami nasib serupa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

The Fed Beri Sinyal Dovish, Aset Investasi Mana Paling Menarik?

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.