Tiga Penyebab Sengat Kuat Pasar Amoniak Hijau

Selain digunakan sebagai bahan baku utama pupuk dan industri lainnya, amoniak diyakini menjadi alternatif bahan bakar ramah lingkungan. Bahkan, clean ammonia diestimasi bertumbuh 350% pada periode 2020-2050.

Fatkhul Maskur

19 Jun 2023 - 20.25
A-
A+
Tiga Penyebab Sengat Kuat Pasar Amoniak Hijau

Pabrik Pupuk Iskandar Muda, anak perusahaan Pupuk Indonesia. PT Pupuk Indonesia (Persero) optimistis menjadi pemain utama blue ammonia dan green ammonia di Asia. Kedua jenis ammonia ini akan sangat dibutuhkan untuk kebutuhan energi ramah lingkungan. - Foto PIM

Bisnis, JAKARTA - Selain digunakan sebagai bahan baku utama pupuk dan industri lainnya, amoniak diyakini menjadi alternatif bahan bakar ramah lingkungan. Bahkan, clean ammonia diestimasi bertumbuh 350% pada periode 2020-2050.

Amoniak merupakan senyawa kimia dengan rumus NH3. Biasanya berupa gas, berwarna bening, dan berbau menyengat. Amoniak yang terdiri atas nitrogen dan hidrogen (NH3), merupakan produk kimia terbesar kedua dunia, berdasarkan publikasi International Renewable Energy Agency (IRENA) 2022.

Berdasarkan data Statista, produksi amoniak global pada 2022 diestimasi stabil pada kisaran 150 juta ton. Amoniak dibutuhkan banyak industri. Namun, sebagian besar digunakan sebagai bahan baku pupuk (79%). 

Adapun sisanya digunakan untuk bahan baku industri farmasi, kosmetika, bahan amonium klorida pada baterai, asam nitrat, zat pendingin, hidrazin (bahan bakar roket), hingga bahan peledak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.