Free

TikTok Kembangkan Iklan Produk melalui Influencer AI

Proyek ini menimbulkan kekhawatiran tentang persaingan dengan manusia pencipta dan potensi reaksi balik dari pengguna. Pengujian internal mengungkapkan bahwa AI belum siap menggantikan manusia yang berpengaruh.

Rika Anggraeni

14 Apr 2024 - 12.49
A-
A+
TikTok Kembangkan Iklan Produk melalui Influencer AI

Bisnis, JAKARTA — TikTok berencana untuk menambahkan fitur pembuat AI ke aplikasinya. Ini bisa menjadi pesaing iklan bersponsor yang dibuat oleh influencer manusia.

Berdasarkan laporan The Information yang dikutip bisnis.com, Sabtu (13/4/2024), TikTok sedang mengembangkan influencer virtual untuk mempromosikan dan menjual produk di platform mereka.

Nantinya, avatar AI dapat membaca skrip dari perintah yang dihasilkan oleh pengiklan atau penjual di TikTok Shop. Namun, fitur ini belum aktif dan masih dapat diubah.

Baca juga: Cara TikTok-Tokopedia Menepis Monopoli Data

The Information melaporkan bahwa staf TikTok telah menguji avatar AI meski masih menemukan bahwa avatar tersebut belum siap untuk dirilis dan menarik lebih sedikit penjualan e-commerce dibandingkan influencer manusia.

Namun, proyek ini menimbulkan kekhawatiran tentang persaingan dengan manusia pencipta dan potensi reaksi balik dari pengguna. Pengujian internal mengungkapkan bahwa AI belum siap menggantikan manusia yang berpengaruh.

Baca juga: TikTok Uji Influencer AI Buat Promosikan Produk

Pengujian internal oleh TikTok mengungkapkan bahwa AI belum siap untuk tampil perdana, sehingga menghasilkan lebih sedikit penjualan dibandingkan influencer sebenarnya. Mereka yakin AI pada akhirnya akan melengkapi, bukan menggantikan, upaya pemasaran manusia.

Lebih lanjut, pengiklan yang akrab dengan proyek ini mengatakan bahwa proyek ini sedang dalam pengembangan dan tanggal peluncurannya masih belum pasti.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.