Tilik Mudarat & Manfaat Bongkar Pasang Aturan JHT

Pekerja yang paling rentan ialah mereka yang berada pada usia 40 tahun ke atas. Mereka membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan jaminan hari tua dan akan mengalami kesulitan untuk dapat mempertahankan biaya hidupnya.

Wike D. Herlinda

15 Feb 2022 - 22.00
A-
A+
Tilik Mudarat & Manfaat Bongkar Pasang Aturan JHT

Peserta BP Jamsostek berada di ruang tunggu untuk mengurus klaim di Kantor Cabang BP Jamsostek di Menara Jamsostek, Jakarta, Jumat (10/7/2020). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA — Aturan baru mengenai pencairan klaim jaminan hari tua BPJS Ketenagakerjaan diyakini bakal berdampak langsung terhadap penurunan daya beli masyarakat, yang didominasi oleh kelas pekerja. 

Ekonom Bhima Yudhistira Adhinegara yang juga sebagai Direktur Center of Economics and Law Studies (Celios) menilai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No. 2/2022 tentang Tata Cara dan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua (JHT) tidak adil bagi pekerja jika patokan pencairan klaim ditetapkan pada usia 56 tahun. 

 “Buruh yang kehilangan pekerjaan berhak sebenarnya atas JHT tadi, karena belum tentu dia akan melanjutkan kerja sebagai karyawan. Mungkin dia jadi wirausaha atau butuh dana untuk membuka usaha. Nah JHT ini sebenarnya dapat membantu,” ujar Bhima, Selasa (15/2/2022).

Sekadar catatan, JHT selama ini berasal dari iuran pekerja yang terdaftar dalam Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Iuran tersebut dipotong dari gaji para pekerja bersamaan dari perusahaan yang dibayarkan kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike Dita Herlinda
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.