Timbul Tenggelam Hubungan RI - Jepang di Kereta Cepat

Hubungan Indonesia dan Jepang dalam proyek kereta selalu mengalami pasang surut. Sempat dikecewakan pada proyek kereta cepat Jakarta - Bandung, kedua negara sepakat untuk membangun kereta semi cepat Jakarta - Surabaya

Rayful Mudassir
Jun 23, 2022 - 4:44 PM
A-
A+
Timbul Tenggelam Hubungan RI - Jepang di Kereta Cepat

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia kembali membuka peluang kerja sama dengan Jepang dalam pengerjaan proyek kereta semi cepat Jakarta - Surabaya. Hubungan kedua negara dibangun kembali setelah sempat merenggang pada kereta cepat Jakarta - Bandung.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi langsung bertolak ke Jepang untuk mengetahui perkembangan rencana proyek tersebut. Saat ini, konsep kereta semi cepat Jakarta - Surabaya sudah dibahas hingga ke tahap uji kelayakan atau feasibility study (FS).

Belum ada keterangan lebih lanjut kapan pengerjaannya dilakukan. Namun, proyek ini telah disepakati kedua negara melalui penandatanganan memorandum of understanding (MoU) pada September 2019. 

Kereta semi cepat Jakarta - Surabaya ini juga masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) seperti diatur Perpres 3/2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional. 

Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Timbul Tenggelam Hubungan RI - Jepang di Kereta Cepat

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ