Timpang Muatan Tol Laut Masih Jadi Masalah

Tol Laut masih belum memberikan dampak signifikan bagi operator pelayaran. Kondisi ini disebabkan masih timpangnya barang yang diberangkatkan dengan yang kembali. Pemerintah mengurai sejumlah masalah yang menjadi sebab.

Rayful Mudassir

5 Jul 2022 - 18.12
A-
A+
Timpang Muatan Tol Laut Masih Jadi Masalah

Kapal Motor Dobonsolo memasuki Pelabuhan Makassar, Kamis (7/9)./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis, JAKARTA - Kebijakan Tol Laut masih menyisakan ketimpangan antara muatan berangkat dengan muatan balik. Kementerian Perhubungan menyisir sejumlah musabab kondisi itu terjadi meski telah berjalan sejak 2015.  

Selama ini, pemerintah telah membuka 33 trayek Tol Laut di seluruh Indonesia. 28 trayek tol di ataranya mengalami selisih antara muatan berangkat dengan balik yang cukup berjarak. 

Kementerian mencatat rerata muatan berangkat sebesar 9.013 TEUs. Sedangkan muatan saat balik hanya 36 persen dari jumlah kiriman yakni 3.304 TEUs. Umumnya, pengapalan dimulai dari Tanjung Priok, Jakarta maupun Tanjung Perak, Surabaya. Barang kemudian dikirim ke sejumlah wilayah terpencil. 

Selisih paling dalam dialami lima trayek tol yakni rute T-22 hingga T-26. Pengiriman barang di wilayah ini menggunakan kapal penumpang milik ASDP dengan tujuan Biak, Timika dan Merauke. Secara tonase, muatan berangkat sekitar 395 ton, berbanding terbalik dengan muatan balik 0 ton alias nihil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
company-logo

Lanjutkan Membaca

Timpang Muatan Tol Laut Masih Jadi Masalah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.