Tindak Tegas OJK Kala Bank Tak Prudent Salurkan Dana Lewat Fintech Lending

Kian memburuknya kualitas pinjaman di kalangan pelaku fintech P2P lending menjadikan OJK memperketat pengawasan industri ini, terutama terhadap bank yang menyalurkan pinjaman melalui saluran P2P lending.

Fahmi Ahmad Burhan

27 Feb 2024 - 14.32
A-
A+
Tindak Tegas OJK Kala Bank Tak Prudent Salurkan Dana Lewat Fintech Lending

Bisnis, JAKARTA — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menindak tegas bank yang memiliki eksposur tinggi penyaluran kredit lewat financial technology peer-to-peer (P2P) lending atau fintech lending, tetapi tidak prudent.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Dian Ediana Rae mengatakan OJK secara proaktif mengawasi tren fintech lending terutama pembiayaan melalui skema channelling oleh bank, termasuk bank digital.

Fokus pengawasan mencakup analisis risiko dan evaluasi eksposur bank untuk memastikan praktik manajemen risiko yang baik serta kecukupan pencadangan. Apabila terdapat bank yang menjalankan skema channeling dengan tidak berhati-hati, OJK pun ambil langkah.

"Tindakan tegas akan diambil terhadap bank yang memiliki konsentrasi eksposur bisnis fintech yang tinggi namun tidak prudent, antara lain penghentian kerja sama dan aktivitas bank terkait serta meminta dilakukannya evaluasi terhadap bisnis proses dimaksud," ujar Dian dalam jawaban tertulis pada Kamis (22/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.