Tinggal Sorot

Kembaliannya kurang, Om. Ambil tempe saja ya!

Stefanus Arief Setiaji

12 Des 2022 - 08.30
A-
A+
Tinggal Sorot

Para bankir dari kawasan Asia Tenggara merancang model sistem pembayaran lintas negara yang efisien dengan platform QRIS.

Bisnis, JAKARTA - Belum lama ini, saya makan di restoran dengan jaringan yang dapat dikatakan salah satu yang terbesar di Indonesia yakni warung Tegal alias warteg. Saat makan di sana, saya mengamati banyak pengemudi ojek online yang silih berganti pesan makan di warteg itu.

Seusai makan, salah satu yang saya perhatikan ketika pengemudi ojek online itu membayar. Sebagian dari mereka bertransaksi secara nontunai. Warteg itu memiliki platform Quick Response Indonesian Code Standard (QRIS) yang ditempel di dindingnya. Jadi setelah makan, mereka berhitung dengan penjaga warteg, konfirmasi bayar pakai QRIS, memasukkan nominal, sorot scankode, konfirmasi dan tunjukkan nilai nominal pembayaran ke penjaga warung, dan transaksi selesai.

Jadi, nominal yang dibayarkan sesuai dengan yang dimakan. Tak ada lagi istilah, “Enggak ada uang kecil saja, Om, atau kembaliannya kurang. Tambah tempe, mau?”

Bank Indonesia memang gencar dalam mendekatkan platform pembayaran berbasis QR Code ini. Lonjakan pengguna maupun transaksi QRIS cukup terasa di masa pandemi Covid-19.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Tinggal Sorot

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.