Tingginya Beban Pinjaman Beli Rumah Dorong Permintaan Sewa

Harga properti hunian yang mahal berdampak pada meningkatnya penyewaan rumah oleh generasi muda.

Yanita Petriella

29 Jun 2024 - 20.05
A-
A+
Tingginya Beban Pinjaman Beli Rumah Dorong Permintaan Sewa

Bisnis, JAKARTA – Permintaan sewa rumah mengalami peningkatan di tengah tingginya beban pinjaman beli rumah. Tingginya tingkat suku bunga pinjaman dalam pembelian rumah membuat menyewa menjadi pilihan praktis dan ekonomis untuk memiliki hunian bagi mereka yang belum siap secara finansial untuk beli rumah. Kondisi ini membuka peluang bagi pemilik rumah untuk menyewakan rumahnya.

CEO Pinhome Dayu Dara Permata mengatakan total inventori rumah sewa mengalami pertumbuhan positif sebesar 158% pada kuartal pertama tahun 2024 dibandingkan dengan kuartal pertama tahun 2023. Pertumbuhan inventori rumah sewa paling tinggi terjadi di Kota Bandung sebesar 466%, Kota Tangerang Selatan 433%, dan Kabupaten Bogor 324%. 

“Pertumbuhan sewa rumah sekitar 55% di kuartal  I/2024 dibandingkan dengan rerata kuartal 2023,” ujarnya dikutip dari laporan Sabtu (29/6/2024). 

Pertumbuhan permintaan sewa rumah terbesar terjadi di Kota Depok, Jakarta Selatan, dan Bandung. Jika melihat preferensi permintaan rumah sewa selama kuartal pertama tahun 2024, maka rumah dengan 2 kamar tidur menjadi yang paling diminati mewakili sebanyak 40% dari total permintaan sewa rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.