Tip Agar Pengajuan Pinjol Disetujui

Apa saja syarat yang harus dipenuhi agar pengajuan pinjol bisa diterima? Berikut adalah tipnya.

Jaffry Prabu Prakoso

18 Jan 2023 - 21.07
A-
A+
Tip Agar Pengajuan Pinjol Disetujui

Konsumen meminjam uang menggunakan penyedia jasa pinjol. /Bisnis-Suselo Jati.

Bisnis, JAKARTA – Zaman yang sudah canggih membuat kehidupan sehari-hari menjadi lebih mudah. Salah satunya adalah meminjam uang saat dalam keadaan darurat.

Teknologi yang tengah tumbuh pesat adalah pinjaman online (pinjol). Meski memudahkan, proses pengajuannya sangat mungkin untuk ditolak. 

Apa saja syarat yang harus dipenuhi agar pengajuan pinjol bisa diterima? Berikut adalah tipnya dikutip dari julo.co.id

 

Ilustrasi pinjol Kredinesia/Istimewa


Sudah Mengunduh Aplikasi

Meskipun penyedia pinjaman online memiliki website resmi, biasanya proses pengajuan dilakukan melalui aplikasi. Jadi, pastikan Anda sudah mengunduh aplikasinya.

 

Melengkapi Persyaratan

Lengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan oleh penyedia jasa pinjaman online. Setiap perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Pastikan bahwa persyaratan yang Anda siapkan sudah sesuai dengan penyedia pinjaman. Jangan sampai persyaratan yang disiapkan salah alamat alias berbeda platform. 

Baca juga: Siasat Fintech Pinjol Lolos 'Seleksi Alam' 

Meminjam Sesuai Kemampuan

Bagaimana cara mengetahui bahwa nominal yang diajukan sudah sesuai kemampuan? Coba bandingkan penghasilan Anda dengan jumlah pinjaman. Persentase jumlah pinjaman harus lebih kecil dari penghasilan. 

 

Riyawat Kredit Baik

Sebelum mengajukan pinjaman online, pastikan semua utang yang Anda punya sudah lunas. Kemudian bangun reputasi kredit yang baik. Ketika harus menggunakan kredit, maka segera membayarnya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Baca juga: Hati-Hati! Ini Bahaya Gagal Bayar Pinjol

 

Tidak Masuk dalam Daftar Hitam

Penyedia pinjaman pasti memiliki daftar blacklist atau daftar hitam untuk memeriksa data calon nasabahnya. Pastikan Anda tidak pernah melakukan pemalsuan data saat mengajukan pinjaman. 

Jangan juga memberikan pernyataan serta dokumen palsu kepada pihak penyedia pinjaman manapun. Jangan berpikir bahwa Anda bisa membodohi penyedia pinjaman karena semua perusahaan memiliki daftar blacklist

 

Masukkan Data Asli yang Lengkap

Sebelum mengirimkan data pribadi yang sudah diisi, coba periksa sekali lagi untuk memastikan informasi yang diberikan benar. Perhatikan secara saksama bahwa seluruh informasi sudah lengkap dan dapat dipertanggung jawabkan. 

 

Masukkan OTP dengan Benar

Selanjutnya akan ada SMS dari pihak penyedia pinjaman yang berisikan OTP atau one time password. OTP tersebut berguna untuk verifikasi awal supaya pengajuan bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya. Masukkan OTP dengan urutan yang tepat dan jangan berikan kepada siapapun. OTP hanya ditujukan untuk Anda sebagai pengguna yang sah. 

 

Foto KTP Sesuai

Tahap verifikasi selanjutnya memerlukan foto KTP yang sesuai, yakni hasil pengambilan gambar secara langsung dari kamera. Jangan gunakan gambar dari galeri foto karena sistem dapat menganggap Anda memalsukan KTP. 

 

Foto Selfie Jelas

Penyedia pinjaman online juga akan meminta foto selfie untuk memastikan Anda bukan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Ambillah foto di tempat yang memiliki penerangan cukup agar seluruh fitur wajah Anda terdeteksi sepenuhnya.

 

Memberikan Akses Telepon

Jangan lupa memberikan akses ke Telepon. Jika Anda telanjur tidak memberikan akses, segera buka bagian pengaturan. Cari aplikasi pinjaman online tersebut lalu berikan izin akses dengan memilih “allow” atau “izinkan”. 

 

Nomor Telepon Dapat Dihubungi

Dalam beberapa waktu ke depan Anda akan dihubungi oleh pihak penyedia pinjaman untuk memastikan informasi yang telah diberikan benar adanya. Jadi, jangan sampai Anda tidak mengangkat waktu panggilan tersebut datang. Selalu periksa telepon agar tidak melewatkan panggilan dari penyedia pinjaman online

 

Nomor Kerabat Bisa Dihubungi

Selain nomor pribadi, nomor telepon kerabat juga harus dapat dihubungi. Pihak penyedia pinjaman akan menanyakan beberapa pertanyaan untuk memastikan informasi yang Anda berikan benar. 

 

Berdomisili di Wilayah Penyalur Kredit

Selanjutnya Anda perlu berdomisili di wilayah penyalur pinjaman. Hal ini berguna saat akan melakukan tanda tangan perjanjian. Jika Anda berada di luar jangkauan pihak penyedia pinjaman, maka tanda tangan perjanjian akan sulit dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.