Tip Memilih Reksa Dana Saham Agar Cuan Besar

Supaya Anda dapat memetik keuntungan yang maksimal saat investasi reksadana saham, berikut beberapa cara yang perlu diperhatikan.

Jaffry Prabu Prakoso

25 Jan 2023 - 18.03
A-
A+
Tip Memilih Reksa Dana Saham Agar Cuan Besar

Warga mengakses informasi tentang reksa dana di Jakarta. /Bisnis-Himawan L Nugraha.

Bisnis, JAKARTA – Bagi masyarakat yang ingin terjun ke pasar saham tetapi masih belum paham atau takut rugi, reksa dana saham bisa menjadi alternatif. Instrumen investasi tersebut bisa mendulang cuan tanpa khawatir tekor. 

Dikutip dari hsbc.co.id, reksadana saham adalah jenis reksa dana yang menempatkan 80 persen portofolionya dalam bentuk saham dan sisanya dapat berupa cash atau deposito. 

Manajer investasi mengelola dan menginvestasikan dana secara profesional dengan cara membeli dan menjual saham. Isi sahamnya pun dapat bervariasi, tergantung strategi manajer investasi.

Supaya Anda dapat memetik keuntungan yang maksimal saat investasi reksadana saham, berikut beberapa cara yang perlu diperhatikan.


 

Buat Tujuan

Kunci penting dalam berinvestasi reksadana saham adalah menentukan tujuan atau target keuangan yang bakal dicapai kedepannya. Tujuan keuangan ini bakal menentukan pilihan instrumen keuangan yang cocok untuk kondisi Anda. 

Ibarat ingin liburan, Anda tentu sudah menentukan daerah mana yang bakal dituju, jenis transportasi yang digunakan, hingga tempat menginap. Selain menentukan tujuan, penting pula untuk bisa membaca kondisi pasar dan potensinya di masa depan. Dengan begitu, Anda dapat mengambil keputusan dengan matang dan tepat di saat krisis.

Baca juga: Peluang Keuntungan Reksa Dana Terproteksi 2023 

Sesuaikan dengan Profil Risiko

Dibanding dengan jenis reksa dana lainnya, investasi reksadana saham memang menawarkan keuntungan yang lebih tinggi dan menjanjikan. 

Meski begitu, risiko yang harus dihadapi bisa dibilang juga besar karena fluktuasinya tidak dapat diprediksi dengan mudah. Hal ini sebetulnya tidak mengherankan karena dalam dunia investasi berlaku prinsip high return high risk.

Jadi, di balik keuntungan yang menggiurkan, bersiaplah dengan konsekuensi risiko yang harus dihadapi. Maka dari itu, sebelum memutuskan berinvestasi di instrumen investasi apapun, perhitungkan dengan matang, keuntungan, dan risikonya. Dengan begitu, hasilnya bisa maksimal.

Baca juga: Reksa Dana ESG Makin Memikat 

Jadikan untuk Investasi Jangka Panjang

Jika tujuan investasi Anda adalah untuk mencari keuntungan besar dalam waktu yang singkat, maka instrumen investasi reksadana saham bukan pilihan yang terbaik. Fluktuasi harga saham yang tak menentu merupakan alasan terkuat reksa dana saham tidak disarankan untuk investasi jangka pendek. 

Oleh karena itu, untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, reksa dana saham idealnya dijadikan sebagai investasi jangka panjang, setidaknya di atas 10 tahun.


 

Berkala dan Rutin (Cost Averaging)

Cost averaging adalah strategi investasi jangka panjang yang dilakukan secara bertahap atau rutin. Strategi satu ini dianggap paling optimal untuk meraih keuntungan dalam investasi saham dan berbasis saham, seperti reksa dana saham yang harus menghadapi pergerakan pasar saham yang bisa naik turun secara drastis.

Tak hanya itu, cost averaging juga dapat digunakan sebagai persiapan menghadapi penurunan nilai investasi. Strategi ini cocok untuk Anda yang baru punya modal sedikit atau belum punya cukup uang tapi sangat berminat untuk berinvestasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.