Tip Mengatasi Stres Saat Terjebak Macet Panjang yang Melelahkan

Tak bisa dimungkiri, kemacetan lalu lintas sudah menjadi fenomena umum di Indonesia, terutama pada saat musim mudik lebaran maupun libur panjang. Padatnya volume kendaraan dalam waktu yang bersamaan membuat kemacetan pun tidak bisa terhindarkan.

Ibeth Nurbaiti

24 Apr 2023 - 14.41
A-
A+
Tip Mengatasi Stres Saat Terjebak Macet Panjang yang Melelahkan

Pengendara keluar dari kendaraannya saat terjebak kemacetan di pintu keluar Tol Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (23/4/2023). Kepadatan kendaraan tersebut terjadi imbas dari tingginya antusias warga yang akan berlibur menuju kawasan Puncak Bogor, sementara itu Polres Bogor memberlakukan arus lalu lintas satu arah dan sistem ganjil genap untuk mengurai kemacetan ke arah puncak. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bisnis, JAKARTA — Terjebak dalam kemacetan panjang selama perjalanan mudik tentu sangat melelahkan, terlebih bagi anak-anak yang memang kebanyakan cepat merasa bosan. Jika rasa bosan itu tidak segera diatasi, bukan tidak mungkin anak-anak akan menjadi rewel yang pada akhirnya membuat orangtua stres.

Tak bisa dimungkiri, kemacetan lalu lintas sudah menjadi fenomena umum di Indonesia, terutama pada saat musim mudik lebaran maupun libur panjang. Padatnya volume kendaraan dalam waktu yang bersamaan membuat kemacetan pun tidak bisa terhindarkan. 

Baca juga: Cara Top up Saldo e-Money Mandiri dengan HP Tanpa Fitur NFC

Agar terhindar dari stres saat terjebak macet panjang yang melelahkan, tidak ada salahnya Anda menyimak beberapa tip berikut ini:

Tarik napas dan hembuskan dalam-dalam

Cara termudah adalah menarik dan menghembuskan napas dalam-dalam untuk menciptakan efek relaksasi. Caranya adalah dengan menarik napas dalam-dalam, setidaknya selama tiga hitungan lalu hembuskan selama empat hitungan.

Anda bisa merasa lebih tenang dan pikiran menjadi lebih jernih sehingga tidak mudah terbawa suasana.

Dengarkan musik dan bernyanyi

Musik dapat membuat Anda lebih rileks. Saat Anda berada dalam situasi stres atau marah, detak jantung dan tekanan darah Anda cenderung meningkat. Hal ini dapat membuat Anda tidak nyaman. 


Namun ketika Anda mendengarkan lagu favorit Anda, Anda akan merasa senang dan tingkat stres Anda akan berkurang. Anda bisa menganggap mobil Anda sebagai ruang karaoke tempat Anda bisa bernyanyi untuk menghilangkan stres.

Kendalikan amarah

Kemacetan lalu lintas dapat membuat Anda sangat stres sehingga muncul perasaan negatif. Terkadang ada pengendara yang memotong jalur tanpa mempedulikan kondisi sekitar. Hal ini tentu saja membuat Anda tidak nyaman dan memicu kemarahan. 

Baca juga: Menunda ASN, TNI, hingga Pegawai Swasta Kembali ke Jakarta

Sebaiknya, Anda mencoba untuk menerima situasi dan perilaku pengendara lain dengan lapang dada. Cobalah untuk memaafkan perilaku yang tidak menyenangkan tersebut dan fokus pada hal-hal positif lainnya agar tidak membuang energi dan meningkatkan tingkat stres Anda.

Mengobrol dengan orang lain

Jika Anda sedang mengemudi dengan orang lain dan terjebak kemacetan, Anda dapat menggunakan momen ini untuk mengobrol. Anda bisa mengemukakan topik-topik menarik, mengutarakan keluhan Anda, bertukar pikiran dengan orang lain, atau bermain permainan kata penambah semangat. Dengan mengobrol, Anda dapat mengalihkan pikiran dan waktu berjalan lebih cepat.

Mendengarkan podcast

Mendengarkan podcast kesukaan, menjadikan waktu yang terbuang di dalam mobil selama kemacetan akan terasa lebih menyenangkan. Hal ini juga dapat menghilangkan rasa bosan atau frustasi. 

Baca juga: Cerita Sukses di Jalur Pansela, Lewat Jambu Kristal Menuju Umroh

Podcast juga dapat membantu meredakan stres dan memberikan hiburan saat terjebak di jalan. Namun, pastikan volume tidak terlalu keras sehingga Anda tetap dapat memperhatikan situasi di sekitar Anda.

Makan camilan

Makan camilan bisa menjadi salah satu tip untuk mengatasi rasa bosan dan frustasi saat terjebak kemacetan di jalan tol. Kemacetan dapat memakan waktu yang lama dan membuat tubuh Anda merasa lelah dan lapar.

Kendaraan terjebak kemacetan menuju gerbang keluar Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menyatakan, pada arus mudik H-4 lebaran 2023 hingga pukul 18.00 sebanyak 26.000 kendaraan melintasi gerbang keluar Tol Cileunyi dan pihaknya memprediksi puncak arus mudik di Tol Cileunyi terjadi pada H-4 hingga H-2 lebaran. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi


Dengan menyiapkan camilan favorit sebelum berkendara, Anda bisa mengisi perut dan memberikan energi tambahan untuk melanjutkan perjalanan. Selain itu, makan camilan juga bisa menjadi cara untuk meredakan stres dan mengalihkan perhatian dari kemacetan yang membosankan.

Sesuaikan posisi duduk

Menyesuaikan posisi duduk saat terjebak dalam kemacetan lalu lintas sangatlah penting. Dalam kondisi seperti ini, kita tidak bisa bergerak banyak sehingga kita bisa merasa pegal dan lelah.

Baca juga: Rekomendasi Buah Tangan Bakpia Premium di Yogyakarta, Bakpiaku

Agar tidak cepat lelah, disarankan untuk menyesuaikan posisi duduk dengan tidak terlalu tegak. Selain itu, pegang setir dengan santai tetapi tetap dapat bermanuver dengan cepat dan aman. Posisi kaki juga bisa disesuaikan agar tetap nyaman dan sigap dalam segala situasi.

Dengan menyesuaikan posisi duduk, kita bisa mengurangi ketegangan pada tubuh dan merasa lebih nyaman selama terjebak dalam kemacetan.

Baca buku

Membaca buku bisa menjadi salah satu hiburan, terutama bagi Anda yang hobi membaca. Kegiatan ini bisa membuat Anda senang dan menambah wawasan sehingga waktu yang Anda habiskan di tengah kemacetan menjadi bermanfaat.

Dengan kemajuan teknologi, kini telah hadir audio book, yaitu rekaman suara yang berisi teks dari buku yang sedang dibaca. Anda bisa menikmati isi bukunya namun tetap fokus berkendara di saat yang bersamaan.

Baca juga: Lebaran 2023: PLN Jamin Keamanan Pasokan Listrik Nasional

Manfaatkan gawai

Gawai seperti smartphone, iPad atau smartwatch sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Anda bisa menggunakan gawai untuk mengatasi kebosanan dengan bermain media sosial atau game. Meski begitu, Anda tetap harus memperhatikan situasi dan kondisi jalan.

Tidur

Jika Anda sebagai penumpang dan tak bertugas mengemudi, tidur sebentar bisa menjadi solusi. Tidur dapat memulihkan energi Anda yang terkuras saat terjebak kemacetan. Saat tidur, waktu yang lama pun terasa cepat berlalu.

Pertimbangkan jalur alternatif

Jika Anda merasa arus lalu lintas tidak terlalu kondusif, maka Anda bisa mempertimbangkan jalur alternatif. Jalur alternatif biasanya tidak seramai jalur umum. Walaupun jaraknya lebih jauh atau memakan waktu lebih lama, itu lebih baik daripada terjebak kemacetan.

Bersihkan area umum di sekitar tempat duduk Anda 

Ketika Anda terjebak dalam kemacetan, Anda mungkin melihat banyak sampah atau makanan yang berserakan di sekitar mobil Anda. Anda bisa memanfaatkan waktu yang terbuang tersebut dengan membersihkan area sekitar tempat duduk Anda. Dengan lingkungan yang lebih bersih dan nyaman, Anda mungkin merasa lebih tenang dan santai selama terjebak dalam kemacetan. 

Tetap aktif

Tetap aktif dan menjaga kesehatan tubuh selama terjebak dalam kemacetan. Meskipun tidak dapat bergerak banyak, Anda masih dapat melakukan beberapa latihan sederhana seperti kencangkan perut, regangkan pergelangan tangan atau lakukan lingkaran lengan.

Dengan melakukan latihan ini, tubuh Anda tetap aktif dan terhindar dari pegal atau kram yang mungkin terjadi karena duduk terlalu lama dalam posisi yang sama. (Arlina Laras)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.