Tip Meninggalkan Rumah dengan Aman saat Mudik

Mudik akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, berbagai hal perlu disiapkan agar tidak menimbulkan rasa khawatir atau terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti kebakaran hingga pencurian.

Jaffry Prabu Prakoso

18 Apr 2023 - 16.37
A-
A+
Tip Meninggalkan Rumah dengan Aman saat Mudik

Perumahan di Jakarta. /rumah.com

Bisnis, JAKARTA – Lebaran tahun ini berbeda dengan dua tahun terakhir. Meski Covid-19 masih ada, banyak masyarakat Indonesia yang memutuskan untuk mudik.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jumlah pemudik di tahun ini diprediksi meningkat menjadi 123,8 juta orang dari 85,5 juta pada 2022.

Mudik akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, berbagai hal perlu disiapkan agar tidak menimbulkan rasa khawatir atau terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti kebakaran hingga pencurian.

Berikut adalah tip meninggalkan rumah dengan aman saat mudik dikutip dari aswata.co.id dan adira.co.id.

 


Gunakan Lampu Otomatis

Tujuan dari menggunakan lampu otomatis adalah mengelabui para pencuri seakan-akan rumah berpenghuni karena lampu tidak menyala di saat hari masih terang.

 

Pastikan Pintu dan Jendela Terkunci

Sebelum meninggalkan rumah pastikan pintu dan jendela terkunci. Bila perlu, lengkapi dengan pengaman rangkap. Jangan meninggalkan kunci rumah cadangan di tempat yang gampang ditemukan, seperti di bawah pot atau keset.

Baca juga: Mudik Nyaman dengan Layanan Kesehatan Rumah Pertamina Siaga 

Perbarui Keamanan

Biasanya para pencuri akan merusak sistem keamanan (gembok) rumah secara manual atau diberi cairan kimia agar rusak. Namun, seiring perkembangan, ada gembok yang tidak mudah dirusak alias antimaling dan kuat cairan kimia.

 

Matikan Semua Elektronik

Ternyata waspada terhadap rumah saat mudik lebaran bukan dari aksi kejahatan saja, tapi seberapa ceroboh kita pada peralatan seperti elektronik yang bisa menimbulkan konsleting pada listrik yang tidak stabil atau dari sambaran petir ketika hujan.

Baca juga: Sambil Mudik, Gamers Bisa Main ML di Rumah Pertamina Siaga 

Copot Gas dari Regulator

Sebelum benar-benar pergi, lepaskan gas dari regulator guna menghindari kebocoran. Kemudian tutup regulator dengan plastik agar sisa gas pada selang yang bisa memicu kebocoran dan kebarakan tidak keluar.

 

Sejumlah calon penumpang menunggu bus antarkota antar provinsi (AKAP) di area keberangkatan Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Bisnis/Arief Hermawan P


Tidak meninggalkan barang berharga

Sebelum mudik, pastikan tidak meninggalkan barang berharga di rumah, seperti perhiasan, uang tunai, hingga sertifikat rumah. Simpan barang tersebut di bank atau titipkan dengan pihak keluarga yang bisa dipercaya.

 

Gunakan CCTV

Bila perlu, pasanglah alarm keamanan dan kamera pengintai (CCTV) di beberapa titik rawan kejahatan di rumah seperti halaman, ruang tamu atau kamar tidur.

 

Lapor RT atau RW Setempat

Jangan lupa untuk melapor kepada petugas keamanan atau RT dan RW setempat bahwa Anda akan mudik. Tinggalkan juga nomor ponsel yang aktif, sehingga mereka bisa menghubungi Anda jika ada hal penting. Anda juga bisa meminta bantuan tetangga dekat yang tidak mudik untuk mengecek atau menjaga rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.