Tip Meningkatkan Penjualan Pakaian Kala Ramadan

Begini caranya meningkatkan penjualan bisnis pakaian selama Ramadan untuk memperoleh keuntungan.

Jaffry Prabu Prakoso

25 Mar 2023 - 11.43
A-
A+
Tip Meningkatkan Penjualan Pakaian Kala Ramadan

Warga memadati pusat perbelanjaan Blok B Pasar Tanah Abang, Jakarta. /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA – Bisnis pakaian saat bulan Ramadan bisa menjadi peluang yang baik untuk memperoleh keuntungan. 

Selama Ramadan, banyak orang akan berbelanja untuk memperbarui koleksi pakaian mereka, terutama untuk menghadiri acara-acara penting seperti buka puasa bersama keluarga dan teman-teman, perayaan Idul Fitri, dan ibadah ke masjid.

Berdasarkan data Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia pada kuartal II/2022, industri tekstil dan pakaian mengalami pertumbuhan hingga 13,7 persen di bulan Ramadan. Angka ini jauh lebih tinggi dari pertumbuhan industri lainnya seperti makanan dan minuman yang hanya tumbuh 3,7 persen. 

Berikut tips memanfaatkan momentum Ramadan untuk tingkatkan penjualan dan mendapatkan pendapatan yang maksimal:

 

Ilustrasi pebisnis pakaian/Shopee


1. Menjual Produk yang Sesuai Kebutuhan Ramadan

Bulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa bagi umat muslim sehingga mereka akan memperbanyak aktivitas keagamaan. Tak heran konsumsi untuk menunjangnya juga akan terkerek.

Beberapa di antaranya seperti peralatan solat, pakaian muslim dan muslimah, sampai dengan menyediakan set pakaian keluarga. 

Anda juga bisa menyediakan pilihan pakaian yang lebih kasual dan santai, terutama pada waktu-waktu saat orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah selama Ramadan.

 

2. Tentukan Target Konsumen

Memiliki target konsumen yang jelas merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan sebelum berjualan. Dengan mengetahui target konsumen, pelaku usaha dapat menyasar pasar yang tepat sehingga dapat membantu efisiensi secara sumber daya dan juga biaya.

Target konsumen dapat ditentukan berdasarkan gender, usia, daerah, kebiasaan belanja, sampai dengan pendapatan perbulan.

Baca juga: Manfaatkan Peluang, Ide Bisnis di Bulan Ramadan 2023 

3. Jalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pelaku UMKM jangan hanya fokus pada penjualan dengan mencari calon pembeli baru, tetapi juga mempertahankan pelanggan loyal dengan menjalin komunikasi dua arah ataupun memberikan informasi yang dibutuhkan oleh calon pembeli. 

Sesekali, Anda juga dapat memberikan apresiasi kepada pelanggan loyal yang selalu setia berbelanja di toko dengan memberikan merchandise atau memberikan kemudahan dengan diskon biaya ongkir untuk pembelian pertama. 

 

4. Menyiapkan Stok Barang 

Tingginya pembelian pakaian baru ketika Ramadan sejalan dengan tingginya kebutuhan stok produk, sehingga penting untuk para pelaku UMKM menyiapkan produk yang akan dijual ketika Ramadan pada 1-2 bulan sebelum hari raya Idul Fitri, sehingga produk tetap tersedia dan siap untuk dikirimkan kepada pelanggan. 

Baca juga: Tip UMKM Naik Kelas dan Bersaing di Pasar Global 

5. Manfaatkan Media Sosial dan Berikan Diskon

Selama Ramadan, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis pakaian. Beberapa caranya dengan membuat konten khusus untuk menampilkan koleksi terbaru, memberikan tips fashion untuk Ramadan, atau bahkan mengadakan give away untuk menarik minat pelanggan.

 

6. Tentukan Layanan Pengiriman

Pilihlah layanan pengiriman yang menawarkan waktu pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Mempertimbangkan untuk menawarkan opsi pengiriman cepat atau pengambilan langsung di toko, terutama menjelang akhir Ramadan ketika orang-orang membutuhkan pakaian baru untuk Idul Fitri juga bisa dimanfaatkan jadi peluang. (Arlina Laras)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.