Free

Tips agar Keuangan Tak Terkena Inflasi

Inflasi menyebabkan turunnya daya beli akibat penurunan nilai uang. Untuk itu, diperlukan strategi agar dampak inflasi dapat dimitigasi sehingga daya beli tidak sampai turun terlalu dalam.

Redaksi

4 Mei 2024 - 16.42
A-
A+
Tips agar Keuangan Tak Terkena Inflasi

Ilustrasi inflasi. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Inflasi merupakan istilah yang cukup dikenal oleh sebagian besar masyarakat. Pasalnya, isu inflasi hampir selalu terdengar setiap tahunnya.

Dikutip dari laman resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada Jumat (3/5/2024), inflasi adalah kenaikan harga barang dan jasa secara umum dan terus menerus dalam jangka waktu tertentu.

Dampak inflasi dapat dirasakan dalam kehidupan sehari-hari yaitu menurunkan daya beli masyarakat dan dapat meningkatkan angka pengangguran.

Dampak inflasi dalam ekonomi dapat dilihat dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), yang menyebabkan kenaikan pada harga barang dan jasa untuk kebutuhan sehari-hari. Hal tersebut turut berdampak pada kondisi perekonomian masyarakat.

Lantas, apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengantisipasi dampak inflasi? OJK melalui laman sikapiuangmu.ojk.go.id memberikan beberapa tips sebagai berikut.

1. Kelola Pos Keuangan

Kenaikan harga perlu diantisipasi dengan mengatur ulang pos keuangan. Mulailah memisahkan antara pos kebutuhan dan keinginan.

Selain itu, berhemat juga perlu dilakukan dengan menunda pembelian barang yang tidak mendesak, dan tentu akan lebih baik melakukan belanja atau konsumsi ketika kondisi ekonomi telah membaik

2. Mencari Tambahan Pendapatan

Cobalah untuk mencari penghasilan tambahan di luar pendapatan utama. Hal ini dapat dilakukan contohnya melalui berbisnis dengan memanfaatkan platform online atau melakukan hustle job yang bisa disesuaikan dengan hobi.

3. Siapkan Dana Darurat

Siapkanlah dana darurat, yaitu dana khusus yang dialokasikan untuk kebutuhan tidak terduga. Dana darurat ini akan berguna untuk mengantisipasi hal buruk yang bisa terjadi di masa stagflasi seperti pemotongan gaji bahkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Bagi yang masih lajang perlu menyiapkan dana darurat setidaknya 6x biaya hidup per bulan atau 12x biaya hidup per bulan bagi yang telah berkeluarga dan memiliki tanggungan.

4. Berinvestasi Sesuai Profil Risiko

Inflasi dapat mengurangi nilai riil uang, untuk itu berinvestasi sangat penting dilakukan.

Pilihlah instrumen investasi yang memberikan imbal hasil lebih besar dari tingkat inflasi. Dengan demikian, artinya imbal hasil dari investasi akan menutupi kerugian akibat penurunan nilai uang karena inflasi yang meningkat.

 

(Reporter: Muhammad Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.