Tips Mendetoksifikasi Kelebihan Gula Akibat Makanan Manis

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis biasanya memberikan efek samping setelahnya seperti merasa tidak enak badan, kembung hingga sembelit, sehingga Anda perlu mendetoksifikasi kelebihan gula dalam tubuh.

Redaksi

9 Nov 2021 - 09.49
A-
A+
Tips Mendetoksifikasi Kelebihan Gula Akibat Makanan Manis

Cokelat menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi seseorang ketika merasakan sedih atau bad mood atau sekadar menjadi camilan pengisi kebosanan./Antara

Bisnis, JAKARTA — Mengonsumsi makanan manis sering kali dianggap dapat memperbaiki mood dan menstabilkan suasana hati hingga mencegah depresi.

Jadi, tak heran bila banyak orang yang mengonsumsi makanan manis seperti cokelat, es krim, hingga permen ketika merasakan sedih atau bad mood atau sekadar menjadi camilan pengisi kebosanan.

Sebenarnya, tidak masalah jika Anda mengonsumsi makanan manis, tetapi jika berlebihan dapat mendatangkan masalah kesehatan. 

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis biasanya memberikan efek samping setelahnya seperti merasa tidak enak badan, kembung hingga sembelit.

Sementara, jika dikonsumsi dalam waktu yang lama dan berlebihan, ini dapat menyebabkan obesitas, diabetes tipe 2 hingga penyakit jantung.

Agar terlepas dari kondisi kembung atau sembelit sesudah mengonsumsi makanan manis berlebih, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendetoksifikasi kelebihan gula dalam tubuh Anda, dilansir Times of India yang dikutip Bisnis.com, Senin (8/11/2021).

 

  1. Hindari gula tambahan

Sebelumnya, Anda telah mendapatkan cukup banyak gula, entah dari permen atau makanan olahan. Sekarang saatnya untuk menghindari makan dan makanan sarat gula selama 2 pekan. Makanan dengan gula tambahan termasuk roti, permen, soda, kue hingga biskuit.

 

  1. Minum air lemon hangat

Cobalah untuk memulai hari Anda dengan minum air lemon hangat untuk membantu detoks tubuh dengan cepat. Ini juga akan membantu dalam penurunan berat badan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda.

Jus lemon/boldsky.com-Bisnis.com

  1. Pastikan diri Anda selalu terhidrasi

Kita dianjurkan untuk setidaknya minum 8 hingga 9 gelas setiap harinya. Tetap terhidrasi dengan memiliki jumlah cairan yang cukup akan membantu tubuh mengeluarkan racun melalui keringat dan urin.

 

  1. Hindari makan daging

Pilih pola makan nabati daripada daging merah yang sulit dicerna. Pastikan untuk menjaga makanan Anda tetap ‘ringan’ selama satu pekan, untuk mengurangi tekanan pada pencernaan Anda.

 

  1. Tambahkan serat dalam makanan Anda

Serat dikenal baik bagi kesehatan, termasuk membantu detoksifikasi tubuh. Menambahkan serat ke dalam makanan Anda dapat membantu menghilangkan racun yang menempel di dinding usus.

Jika bingung dengan pilihan serat yang perlu Anda tambahkan ke makanan Anda? Wortel, mentimun, salad, kecambah dan sayuran hijau bisa menjadi pilihan Anda. (Ni Luh Anggela)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti*

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.