Tips Merawat Mobil Hybrid agar Kondisinya Tetap Prima

Seperti halnya mobil lainnya, mobil hybrid juga memerlukan perawatan yang baik agar tetap berkinerja optimal. Berikut adalah beberapa tips merawat mobil hybrid Anda

Emanuel Berkah Caesario

11 Sep 2023 - 18.45
A-
A+
Tips Merawat Mobil Hybrid agar Kondisinya Tetap Prima

Ilustrasi mobil hybrid. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Mobil hybrid adalah kendaraan yang menggunakan dua atau lebih sumber daya untuk menggerakkan kendaraan, biasanya mesin bensin dan motor listrik. Mobil ini telah menjadi pilihan populer bagi banyak konsumen yang ingin mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi.

Namun, seperti halnya mobil lainnya, mobil hybrid juga memerlukan perawatan yang baik agar tetap berkinerja optimal. Berikut adalah beberapa tips merawat mobil hybrid Anda:

 

1. Perawatan Berkala

Seperti mobil konvensional, mobil hybrid juga memerlukan perawatan berkala sesuai dengan rekomendasi pabrik. Ini termasuk penggantian oli mesin, filter udara, filter oli, dan pemeriksaan sistem lainnya. Pastikan untuk mengikuti jadwal perawatan yang disarankan oleh produsen agar mobil tetap dalam kondisi terbaik.

 

2. Pemantauan Sistem Hybrid

Mobil hybrid memiliki sistem yang lebih kompleks dibandingkan dengan mobil bensin atau diesel biasa. Sistem tersebut terdiri dari baterai, motor listrik, dan komponen lain yang perlu dipantau secara teratur. Pastikan untuk memeriksa indikator kesehatan baterai dan segera lakukan perbaikan jika Anda melihat tanda-tanda masalah. Cobalah untuk menjalani pemeliharaan rutin di bengkel yang memiliki pengalaman dalam merawat mobil hybrid.

 

3. Kendaraan Listrik dan Mode Hibrida

Mobil hybrid sering kali memiliki mode penggerak listrik penuh (EV) yang memungkinkan Anda mengemudi tanpa menggunakan mesin bensin. Manfaatkan mode ini ketika memungkinkan, terutama dalam perjalanan pendek di dalam kota. Ini akan membantu mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi. Namun, jangan khawatir jika mobil beralih ke mode hibrida saat baterai habis, ini normal.

 

4. Pelajari Teknik Mengemudi yang Efisien

Cara Anda mengemudi juga berpengaruh besar pada efisiensi mobil hybrid Anda. Cobalah untuk mengemudi dengan lembut dan hindari akselerasi atau pengereman yang tiba-tiba. Gunakan rem regeneratif yang akan mengonversi energi kinetik menjadi energi listrik untuk mengisi baterai. Semakin Anda memaksimalkan penggunaan motor listrik, semakin sedikit bahan bakar yang akan Anda habiskan.

 

5. Perhatikan Ban

Periksa tekanan udara pada ban secara teratur. Ban yang kurang terisi dapat mengurangi efisiensi bahan bakar. Selain itu, pastikan ban Anda dalam kondisi baik dan tidak mengalami keausan yang tidak merata.

 

6. Penyimpanan yang Tepat

Jika Anda tidak akan menggunakan mobil hybrid untuk jangka waktu yang lama, pastikan untuk menyimpannya dengan benar. Isi bahan bakar tangki hingga penuh dan pastikan baterai dalam kondisi yang baik. Selain itu, hindari menyimpan mobil dalam keadaan panas dan lembab yang dapat merusak komponen listrik.

 

7. Pemantauan Konsumsi Bahan Bakar

Selalu pantau konsumsi bahan bakar Anda. Jika Anda melihat peningkatan yang signifikan dalam penggunaan bahan bakar, segera periksakan mobil Anda ke bengkel. Ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada sistem hybrid.

 

Dengan perawatan yang baik, mobil hybrid Anda dapat memberikan manfaat efisiensi bahan bakar yang lebih lama dan berkinerja lebih baik. Ingatlah bahwa perawatan yang tepat waktu dapat menghemat uang Anda dalam jangka panjang dan membantu mengurangi dampak lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.