Free

Tips Mudik Aman Naik Mobil Pribadi dari Teknisi Toyota

Mobil kerap menjadi moda transportasi favorit temani momen mudik Lebaran. Panji Saputro, salah satu teknisi senior di Posko Siaga Mudik Toyota Rest Area Km 57 Tol Jakarta–Cikampek, membagikan sejumlah tips mudik aman gunakan mobil pribadi.

Surya Dua Artha Simanjuntak

8 Apr 2024 - 10.48
A-
A+
Tips Mudik Aman Naik Mobil Pribadi dari Teknisi Toyota

Suasana di Posko Siaga Toyota Rest Area Km 57 Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Minggu (7/4/2024). - Foto BID Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, CIKAMPEK - Mobil kerap menjadi moda transportasi favorit temani momen mudik Lebaran. Panji Saputro, salah satu teknisi senior di Posko Siaga Mudik Toyota Rest Area Km 57 Tol Jakarta–Cikampek, membagikan sejumlah tips mudik aman gunakan mobil pribadi.

Panji menekankan pentingnya mengecek mobil luar-dalam sebelum digunakan untuk mudik. Apalagi, mobil yang terjebak macet--seperti yang biasa terjadi pada momen mudik--lebih rentan alami masalah.

Oleh sebab itu, ada sejumlah kompenen mobil yang harus dicek secara pribadi maupun di layanan servis kendaraan. Terutama, lanjut Panji, komponen di bagian mesin hingga sistem pendingin.

"Bagian radiator, sistem pendingin, terus kondisi oli, sama wiper, itu sapuannya bersih enggak, kalau cuacanya musim hujan bagaimana, tekanan angin ban, kondisi ban, lemudian lari lagi ke bagian sistem pendingin itu motor fan-nya bagaimana, kondisi kaki-kakinya, bearing roda, dan lain sebagainya itu harus dicek semua," jelasnya saat ditemui Bisnis di Posko Siaga Mudik Toyota Rest Area Km 57 Tol Jakarta-Cikampek, Senin (8/4/2024).

Pria berusia 31 itu mengingatkan, akan lebih repot apabila terjadi masalah ketika sedang berada di tengah perjalanan. Jika tidak sempat ke dealer ataupun bengkel maka bisa mampir ke posko mudik seperti milik Toyota di Rest Area Km 57.

Menurut pengalamannya, kendala yang kerap dikeluarkan para pemudik mobil yang mampir ke posko servis mudik Toyota yaitu rem macet, overheating alias mesin kepanasan, serta masalah dinamo ampere.

Jika sedang ramai maka mobil yang diservis bisa mencapai 83 unit perharinya. Puluhan mobil itu akan ditangani oleh para teknisi yang siap siaga selama 24 jam.

Panji menjelaskan, para teknisi bekerja secara bergantian. Ada tiga shift selama sehari, dengan tujuh teknisi yang bersiaga pada setiap shift-nya.

"Dari SA [service advisor alias penasehat] depan satu, foreman satu sebagai penginspeksi hasil pekerjaan, terus sisanya [empat] teknisi," ujarnya

Dia menjelaskan, khusus di posko mudik Toyota, ada program pengecekan mobil gratis. Artinya, pemudik tidak akan dikenai biaya apabila hanya mengecek kondisi mobilnya tanpa pergantian onderdil.

Syaratnya, pemudik hanya menunjukkan STNK untuk data unit. Jikapun ada onderdil yang harus diganti maka akan ada diskon yang diberikan.

"Ada diskon jasa 25%, diskon sparepart [onderdil] 5%. Khusus di Rest Area, kalau di dealer normal," ungkap Panji.

Mukti Wibowo (49), salah satu pemudik yang mampir ke Posko Siaga Mudik Toyota Rest Area KM 57 Tol Jakarta–Cikampek, mengaku sangat terbantu dengan adanya layanan servis mudik dari Toyota.

Tak hanya bisa lakukan pengecekan kondisi mobil, Mukti dan keluarganya yang ingin menuju Semarang, Jawa Tengah juga bisa beristirahat di ruangan yang tersedia di posko milik Toyota itu.

"Jadi bisa tidur sebentar sekalian servis mobil," katanya di lokasi, Senin (8/4/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.