Titik Akhir Mengembangnya Simpanan Jumbo

Simpanan jumbo bersiap melandai akibat pemulihan ekonomi. Hal itu menandai akhir simpanan jumbo yang mengembang selama pandemi. Berikut uraiannya.

Duwi Setiya Ariyanti

2 Feb 2022 - 21.00
A-
A+
Titik Akhir Mengembangnya Simpanan Jumbo

Bisnis, JAKARTA— Simpanan jumbo dengan nilai lebih dari Rp5 miliar terus mengembang dalam dua tahun terakhir selama pandemi. 

Data Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada Desember 2021 merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan realisasi pada Desember 2017. Secara tahunan, total simpanan mencapai Rp7.546 triliun atau naik 12 persen. Adapun, pada 2020, pertumbuhan simpanan total menyentuh 10,9 persen ke Rp6.737 triliun. 

Lebih lanjut, dari potret data realisasi pada Desember 2021, kelompok simpanan lebih dari Rp5 miliar mulai tumbuh tinggi secara enam bulanan. Pada periode tersebut, simpanan bernilai jumbo tumbuh 10,2 persen. Lalu, secara tahun berjalan dan tahunan, tumbuh 19,9 persen sedangkan secara tiga tahunan, pertumbuhannya melonjak sebesar 45,8 persen.

Pertumbuhan semacam itu tak ditemukan pada kelompok simpanan lainnya. Terpaut cukup jauh, simpanan dengan nilai Rp100 juta hingga Rp200 juta menyusul dengan pertumbuhan tahunan 6,9 persen dan pertumbuhan tiga tahunan 22,4 persen. Sementara itu, pertumbuhan paling buncit terealisasi pada kelompok simpanan kurang dari Rp100 juta yakni 3,9 persen dan perubahan tiga tahunan sebesar 18,4 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyanti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Titik Akhir Mengembangnya Simpanan Jumbo

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.