Titik Terang Blok Tuna Setelah Ditinggal BUMN Migas Rusia

Peminat pengganti Zarubezhneft di Blok Tuna sudah mulai mengerucut, sehingga potensi hidrokarbon dalam jumlah besar yang ada di WK migas itu bisa segera diproduksi dan masuk ke dalam lifting nasional.

Lukman Nur Hakim

17 Apr 2024 - 10.47
A-
A+
Titik Terang Blok Tuna Setelah Ditinggal BUMN Migas Rusia

Peta perairan Natuna di Kepulauan Riau. Untuk menarik investor, pemerintah tengah menggodok insentif khusus blok migas yang berada di wilayah Natuna, yang sempat diperebutkan oleh China dan Indonesia, yakni Laut China Selatan. Istimewa-menpan.go.id

Bisnis, JAKARTA — Rencana pengembangan (plant of development/PoD) pertama Lapangan Tuna di Wilayah Kerja (WK) Tuna di lepas pantai Natuna Timur, Kepulauan Riau mulai menemukan titik terang. Kendati sempat diliputi ketidakpastian, pemerintah kian yakin proyek tersebut bakal segera terealisasi.

Pemerintah kini tidak perlu risau lagi memikirkan pengganti ZN Asia Ltd., sebagai anak perusahaan badan usaha milik negara Rusia Zarubezhneft yang saat ini mengempit 50% hak partisipasi Blok Tuna.

Terlebih, peminat pengganti Zarubezhneft di Blok Tuna sudah mulai mengerucut, sehingga potensi hidrokarbon dalam jumlah besar yang ada di WK migas itu bisa segera diproduksi dan masuk ke dalam lifting nasional.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Dirjen MIgas) ESDM Tutuka Ariadji mengatakan bahwa sampai saat ini blok Tuna masih dalam evaluasi untuk menentukan pengganti perusahaan asal Rusia. Namun, sudah ada tiga perusahaan yang menyatakan minatnya untuk meneruskan proyek di Blok Tuna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.