Titik Tumpu Era Bebas Karbon

Penetapan perdagangan karbon PLTU batubara akan menjadi titik tumpu era bebas karbon. Berdasarkan peta jalan perdagangan karbon subsektor pembangkit listrik yang telah disusun, perdagangan karbon setidaknya berpotensi menurunkan emisi gas rumah kaca hingga lebih dari 36 juta ton CO2e pada 2030.

Ibeth Nurbaiti

22 Feb 2023 - 19.39
A-
A+
Titik Tumpu Era Bebas Karbon

Kawasan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Tanjung Jati B di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Dok. PLN

Bisnis, JAKARTA — Kendati masih dihadapkan pada sejumlah tantangan untuk mencapai target nol emisi karbon (net zero emission/NZE) pada 2060, komitmen pemerintah untuk mengurangi dampak perubahan iklim kian kuat.

Sembari melakukan berbagai upaya untuk mengalihkan penggunaan energi yang berbahan bakar fosil ke energi baru terbarukan atau EBT, pemerintah secara resmi meluncurkan perdagangan karbon subsektor tenaga listrik.

Baca juga: Maju Mundur Pajak Karbon, Batas Emisi Belum Jelas

Penetapan perdagangan karbon pembangkit listrik tersebut akan menjadi titik tumpu era bebas karbon. Berdasarkan peta jalan perdagangan karbon subsektor pembangkit tenaga listrik yang telah disusun, perdagangan karbon setidaknya berpotensi dapat menurunkan emisi gas rumah kaca hingga lebih dari 36 juta ton CO2e pada 2030.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.