Tj Priok Dituntut Lebih Sigap Antisipasi Arus Logistik Nataru

Ada sejumlah faktor pemicu kemacetan di Tanjung Priok, mulai dari kapal yang terlambat sandar, pintu Terminal Koja yang bermasalah sejak malam hari hingga kecelakaan.

Rahmi Yati, Anitana Widya Puspa & Hendra Wibawa

9 Des 2021 - 06.34
A-
A+
Tj Priok Dituntut Lebih Sigap Antisipasi Arus Logistik Nataru

Kecepatan petugas dalam mengurai kepadatan sebelum terjadi kemacetan parah sangat dituntut. - Foto Bisnis.com

Bisnis, JAKARTA – Menjelang Natal dan Tahun Baru, otoritas Pelabuhan Tanjung Priok diminta lebih sigap dalam mengantisipasi lonjakan arus pengiriman peti kemas  agar tidak selalu memicu kemacetan parah di jalur logistik yang berpotensi menimbulkan ekonomi biaya tinggi.

Wakil Ketua Umum DPP Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Gagan Gartika menegaskan ada sejumlah faktor pemicu kemacetan di Tanjung Priok, mulai dari kapal yang terlambat sandar, pintu Terminal Koja yang bermasalah sejak malam hari hingga kecelakaan.

Dia menyesalkan sekali kondisi tersebut tidak terdeteksi dengan baik oleh pihak otoritas atau pengelola, sehingga berbuntut parah. “Semuanya jadi kaget karena tiba-tiba kemacetan sampai mengular kemana-mana,” ujarnya, Rabu (8/12/2021).

Berdasarkan informasi anggota Aptrindo, kata Gagan, ada sekitar 8.000 truk yang masuk terminal peti kemas pelabuhan Priok mulai Selasa (7/12) malam untuk melayani angkutan bongkar muat sedangkan sejumlah kapal dilaporkan mengalami keterlambatan sandar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.