TNI AU Tabur Garam untuk Mencegah Hujan Guyur Sirkuit Mandalika

Sebanyak 3 ton garam telah ditabur sejak perhelatan balap internasional di sirkuit Mandalika digelar Jumat (19/11/2021). 

Zufrizal

20 Nov 2021 - 15.42
A-
A+
TNI AU Tabur Garam untuk Mencegah Hujan Guyur Sirkuit Mandalika

Foto Dok. Pesawat terbang NC212i Troop Transport buatan PT DI yang diserahkan kepada TNI Angkatan Udara.-ANTARA/HO-Humas PT DI

Bisnis, PRAYA — Pesawat Casa N212 TNI Angkatan Udara menabur tiga ton garam atau natrium klorida (NaCl) di atas awan sekitar Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, untuk mencegah terjadinya hujan di areal Sirkuit Mandalika.

"Jadi, sebelum awan itu bergeser ke areal Sirkuit Mandalika, hujannya sudah jatuh saat bertemu dengan garam yang ditabur Tim Modifikasi Cuaca TNI AU, itulah namanya rekayasa hujan," kata Komandan Resor Militer 162/Wira Bhakti Brigadir Jenderal TNI Ahmad Rizal Ramdhani di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, seperti dikutip dari Antara, Sabtu (20/11/2021).

Garam yang ditabur di atas awan tersebut, katanya, berbentuk kasar. Stok kebutuhan garam didapatkan dari produk lokal.

"Kita tahu sendiri kalau garam di sini banyak, terutama di Bima, itu banyak," katanya.

Oleh karena itu, sebanyak 3 ton garam telah ditabur sejak perhelatan balap internasional digelar, Jumat (19/11/2021). Hal itu memberi dampak perhelatan World Superbike (WSBK) 2021 di Sirkuit Mandalika berlangsung dengan kondisi cuaca panas tanpa hujan.

"Mudah-mudahan cuacanya terus seperti ini. Nyaman, agak dingin-dingin, namun masih bisa melaksanakan balap di Sirkuit Mandalika," ujarnya.

Danrem 162/WB hadir di areal Sirkuit Mandalika bersama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) NTB Irjen Pol. Mohammad Iqbal untuk memantau situasi keamanan sekaligus kesiapan personel yang berada di pos pengamanan.

Dari hasil pemantauan, Rizal meyakinkan bahwa situasi pada hari kedua pelaksanaan balap di sirkuit Mandalika berjalan dengan aman dan tidak ada gangguan.

"Semoga situasi seperti ini, aman, nyaman, dan bisa berjalan hingga selesai," ucap dia.

Race pertama World Superbike di Sirkuit Pertamina Mandalika harus ditunda setelah hujan deras turun menjelang start pada Sabtu (20/11/2021) sore.

Para pembalap telah berada di lintasan, bersiap-siap untuk start, tetapi 12 menit menjelang start race director menunda balapan karena cuaca buruk.

Panitia akan mengumumkan jadwal ulang setelah menilai kondisi di lapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Zufrizal

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.