Tok! Pembangunan IKN Dimulai Dengan Desain Pemenang Sayembara

Kementerian PUPR telah menetapkan sejumlah pemenang sayembara konsep perancangan kawasan dan bangunan gedung di IKN. Desain yang berasal dari sayembara akan disusun basic desainnya sebelum dilakukan lelang.

Yanita Petriella

18 Jul 2022 - 18.24
A-
A+
Tok! Pembangunan IKN Dimulai Dengan Desain Pemenang Sayembara

Design Istana Kepresidenan Karya Nyoman Nuarta

Bisnis, JAKARTA – Dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, pemerintah melibatkan masyarakat untuk turut serta menyumbangkan ide desain melalui sayembara. Pada 28 Maret lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka sayembara Konsep Perancangan Kawasan dan Bangunan Gedung di IKN yang dibagi dalam 4 kategori dalam rancangan kawasan dan bangunan gedung IKN yakni, Istana Wakil Presiden (Wapres), Perkantoran Legislatif, Perkantoran Yudikatif, juga Bangunan Peribadatan

Hingga waktu penutupan pada 8 April kemarin, terdapat 246 akun pendaftar dan sebanyak 89 pendaftar telah menyelesaikan pendaftaran sesuai persyaratan yang diminta. Namun, dari jumlah tersebut, hanya ada 78 pendaftar sayembara yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi.

Kemudian proses penjurian tahap 1 berlangsung pada 6 Juni 2022 hingga 10 Juni 2022 untuk menentukan tiga desain terbaik. Berlanjut pemeringkatan tiga karya terbaik pada 20 Juni 2022 hingga 22 Juni 2022. Diri 78 pendaftar yang lolos verifikasi administrasi ini lalu dipilih 2 hingga 3 pemenang dalam masing-masing kategori.

Desain yang terpilih telah memenuhi kriteria konsep perancangan kawasan dan bangunan di IKN. Ini di antaranya memenuhi key performance indicator (KPI) terkait bangunan gedung yang telah ditetapkan dalam Dokumen Urban Design Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN Lalu, desain mencerminkan identitas bangsa dalam interior maupun eksterior bangunan, memperhatikan peraturan dan ketentuan berlaku tentang Bangunan Gedung Negara (BGN). Kemudian juga menerapkan prinsip green building (bangunan hijau), dan kemudahan bangunan gedung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.