Tonggak Pengelolaan Blok CPP Sepenuhnya di Pundak BUMD Riau

Blok CPP telah dieksplorasi dan dieksploitasi oleh Caltex (sekarang Chevron) sejak tahun 1975 sampai 2001. Kini, PT BSP menargetkan produksi siap jual atau lifting minyak mentah di Blok CPP bisa mencapai 40.000-an barel per hari (bph) pada 2030 nanti.

Ibeth Nurbaiti

9 Agt 2022 - 17.00
A-
A+
Tonggak Pengelolaan Blok CPP Sepenuhnya di Pundak BUMD Riau

Petugas PT Pertamina Gas sedang melakukan uji coba pipa gas distribusi ke Badan Operasional Bersama PT Bumi Siak Pusako. ANTARA/HO-Pertagas/am.

Bisnis, JAKARTA — Blok minyak dan gas bumi Coastal Plains and Pekanbaru atau CPP resmi dikelola sepenuhnya oleh PT Bumi Siak Pusako (BSP). Setelah hampir 20 tahun dikelola bersama PT Pertamina (Persero) melalui skema Badan Operasi Bersama PT BSP—Pertamina Hulu Energi, mulai hari ini tonggak pengelolaan WK CPP ada di tangan BUMD Riau tersebut.

Blok CPP merupakan satu dari empat blok migas yang habis masa kontrak (terminasi) pada 2022. Sejak 9 Agustus 2002, Pertamina dan PT BSP telah menjadi kontraktor existing di Blok CPP, dengan pemegang participating interest (PI) masing-masing sebesar 50 persen.

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kemudian menetapkan PT BSP sebagai pengelola penuh wilayah kerja CPP, dengan skema gross split untuk jangka waktu 20 tahun yang akan berlaku efektif mulai 9 Agustus 2022 hingga 8 Agustus 2042.

Baca juga: Bumi Siak Pusako, Pesaing yang Mendepak Pertamina dari Blok CPP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.