Top 5 News: Diplomasi Sarang Walet hingga Beras Lewati HET

Presiden Joko Widodo menempuh perjalanan udara selama 5 jam 40 menit untuk mendarat di Chengdu, China. Sarang burung walet menjadi salah satu topik utama pada lawatan itu.

Fatkhul Maskur

8 Sep 2023 - 08.28
A-
A+
Top 5 News: Diplomasi Sarang Walet hingga Beras Lewati HET

Burung walet sedang membangun sarang. - Foto Ist

Bisnis, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menempuh perjalanan udara selama 5 jam 40 menit untuk mendarat di Chengdu, China. Sarang burung walet menjadi salah satu topik utama pada lawatan itu.

Berita tentang diplomasi sarang burung walet menjadi salah satu pilihan redaksi BisnisIndonesia.ID.

Selain itu, sejumlah berita menarik lainnya turut tersaji dari meja redaksi BisnisIndonesia.id.

Berikut ini sorotan utama Bisnisindonesia.id, Jumat (03/03/2023):

1.Prospek Ekspor Sarang Burung Walet RI Usai Diplomasi Jokowi

Dua bulan lalu, Presiden Joko Widodo menempuh perjalanan udara selama 5 jam 40 menit untuk mendarat di Chengdu, China. Dari beberapa isu yang dibawa, sarang burung walet menjadi salah satu topik utama pada lawatan itu.

Jokowi melakukan perjalanan bilateral menuju China pada 27 - 28 Juli 2023. Presiden bersama pemimpin China Xi Jinping bertemu di Chengdu, Ibu Kota Provinsi Sichuan yang berjarak tidak kurang dari 1.800 kilometer di barat daya Beijing.

Dari kunjungan resmi selama dua hari itu, pemerintah menyepakati sederet kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan hingga kerja sama pembangunan Ibu Kota Negara (IKN). Tak lupa, mantan Gubernur DKI itu menyelipkan satu permintaan penting.

"Ke depan kita perlu terus dorong pembaruan protokol dan peningkatan kuota impor sarang burung walet serta penyelesaian protokol impor produk laut Indonesia," katanya dikutip dari situs resmi pemerintah.

2.Skenario Leasing Jerry Ng & Boy Thohir Membarukan Digital

Memutakhirkan inisitif digital terus dilakukan oleh perusahaan pembiayaan atau multifinance untuk tetap kompetitif di tengah tren serba online, termasuk leasing afiliasi taipan Jerry Ng dan Boy Thohir.

Dalam hal ini, PT BFI Finance Indonesia Tbk. (BFIN) atau BFI Finance mengalokasikan investasi di sektor teknologi informasi (IT) senilai US$20 juta atau sekitar Rp300 miliar pada 2023.

Terkait hal tersebut, Direktur Keuangan BFI Finance Sudjono menjelaskan, anggaran tersebut digunakan untuk perbaikan infrastruktur dan migrasi ke cloud. “Sebenarnya tahun kami anggarkan sekitar Rp300 miliar untuk perbaikan infrastruktur, perbaikan security, dan juga sebagai migrasi ke cloud. Karena memang di zaman sekarang, cloud base adalah salah satu solusi,” kata Sudjono, Kamis (7/9/2023).

Mengingat sebelumnya, emiten dengan kode saham BFIN itu sempat terkena serangan siber lantaran adanya kelemahan sistem keamanan pada salah satu aplikasi Microsoft Exchange. “Dan itu dieksploitasi oleh hacker,” katanya.

3. Haluan Baru Dapen Usai Lewati 3 Dekade

Setelah lebih dari tiga dekade, pembaharuan landasan hukum penyelenggaraan dana pensiun segera dilakukan, meskipun masih di tengah penggodokan ke dalam Rancangan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan atau RPOJK.

Adapun RPOJK tersebut merupakan turunan dan bentuk tindak lanjut dari beleid Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan  (UU PPSK). Aturan anyar tersebut telah disahkan pada 13 Januari 2023.

Dijelaskan Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK Mirza Adityaswara, RPOJK penyelenggaraan dana pensiun ini tediri dari pengaturan tentang iuran, manfaat, investasi, dan pendanaan dana pensiun.

Adapun UU PPSK itu mencabut UU Dana Pensiun yang lama, yakni UU No.11/1992, sehingga dibutuhkan penyesuaian atas POJK eksisting secara bertahap. Kepala Departemen Pengawasan Asuransi dan Jasa Penunjang Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) OJK Dewi Astuti berujar RPOJK itu masih dalam proses draf awal yang mellaui izin prinsip pembentukan peraturan perundangan.

4.Strategi Perbankan Syariah Tekan Beban di Era Bunga Tinggi

Bank-bank syariah punya strategi tersendiri dalam upaya menjaga pertumbuhan laba melalui efisiensi beban dana. Alih-alih agresif menaikkan bunga simpanan demi menarik nasabah, mereka justru mempertahankan dana murah melalui beragam jurus.

Beban dana perbankan memang terancam cenderung meningkat sejalan dengan keputusan Bank Indonesia yang masih mempertahankan suku bunga acuan di level tinggi, yakni 5,75 persen selama 8 bulan berturut-turut.

Dalam kondisi ini, nasabah cenderung akan mencari bank yang berani memberikan bunga simpanan tinggi, terutama pada deposito, untuk mengoptimalkan keuntungan. Bagi bank, persaingan suku bunga simpanan ini bakal memberatkan biaya dana atau cost of fund (CoF).

Tantangan serupa pun turut dialami oleh bank-bank syariah. Masing-masing bank berupaya mencari cara agar nasabah tetap bertahan tanpa iming-iming bunga tinggi dari deposito, melainkan setia menyimpan dananya di rekening dana murah tabungan atau giro (current account saving account/ CASA).

5.Harga Beras Lewati HET, Batasan Harga Tak Lagi Revelan?

Harga beras di pedagang besar kian membengkak diikuti mahalnya harga gabah dari tingkat petani. Lantas apakah harga eceran tertinggi (HET) masih relevan?

Terus meningginya harga komoditas pangan memicu para pedagang pasar meminta pemerintah menghapus aturan harga eceran tertinggi (HET). Sebab, nilai perdagangan beras telah melampaui batasan pemerintah.

Menyitir data panel harga pangan, Badan Pangan Nasional (Bapanas) rata-rata harga beras kualitas medium di pedagang eceran secara nasional per hari ini (6/9/2023) telah tembus Rp12.550 per kilogram.

Padahal pemerintah menetapkan HET beras medium dalam Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) No.7/2023 sebesar Rp10.900 - Rp11.800 per kilogram tergantung wilayah.

Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat lonjakan harga beras eceran pada Agustus 2023 mencapai 1,43 persen (month to month) dan naik 13,76 persen (year on year). Adapun, selama 8 bulan terakhir sejak Januari 2023, harga beras mengalami inflasi 7,99 persen (ytd).

"Sebenarnya HET sekarang enggak penting. Penetapan HET juga enggak dipenuhi di pasar," kata Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi), Abdullah Mansuri, Rabu (6/9/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.