Top 5 News: Diskon Tarif Tol Hingga Pasar Domestik Industri Mesin

Pemerintah tengah menggodok skema diskon tarif tol untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2024, termasuk dengan menyiapkan sejumlah ruas tol fungsional untuk mengatur lalu lintas.

Nindya Aldila

17 Mar 2024 - 06.21
A-
A+
Top 5 News: Diskon Tarif Tol Hingga Pasar Domestik Industri Mesin

Tol mudik (Foto Bisnis)

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah tengah menggodok skema diskon tarif tol untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2024, termasuk dengan menyiapkan sejumlah ruas tol fungsional untuk mengatur lalu lintas. 

Pada Lebaran tahun ini, akan ada 6 ruas tol yang dioperasikan fungsional yakni Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 2B Cikeas – Cibitung 19,65 kilometer, Tol Jakarta – Cikampek II Selatan Ruas Kutanegara – Sadang 8,5 kilometer, Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulonprogo Ruas Colomandu – Klaten 22,3 kilometer, Tol Bangkinang – Koto Kampar 24,7 kilometer, Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung – Indrapura 9,47 kilometer dan Seksi 3-4 Tebing Tinggi – Sinaksak 47,15 kilometer, dan Tol Indrapura – Kisaran Seksi 2 Lima Puluh –Kisaran sepanjang 32,15 kilometer.

Di samping strategi menghadapi ledakan arus mudik, terdapat informasi komprehensif lainnya yang menjadi pilihan redaksi BisnisIndonesia.id pada Minggu (17/3/2024). Di antaranya adalah:


1. Membaca Prospek Kinerja Hotel Bisnis dan Resor Mewah Jadi Incaran Investor

Meskipun tingkat okupansi atau keterisian kamar meningkat namun tidak akan memberikan pengaruh yang besar pada tarif kamar. 

Head of Hospitality Services Satria Wei  memproyeksikan kenaikan tarif kamar hotel bisnis di tahun ini hanya berkisar 4% hingga 5%. Hal ini karena pada tahun lalu, telah mengalami kenaikan tarif yang signifikan untuk kamar hotel bisnis. 

Sementara itu, untuk hotel resor diproyeksikan akan mengalami peningkatan kinerja di tahun ini. Hal ini karena tamu hotel baik wisatawan mancanegara maupun domestik terbiasa untuk membayar harga yang lebih tinggi.


2. Ketika Industri Permesinan Andalkan Pasar Domestik

Industri pengerjaan logam dan permesinan mengandalkan permintaan pasar domestik di tengah pasar global yang melesu. Namun, ada banyak tantangan untuk mendapatkan cuan.

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, sektor industri pengolahan tumbuh pada 2023 bertumbuh 4,64% (c-to-c), dan menjadi sumber pertumbuhan perekonomian tertinggi pada 2023 (c-to-c) sebesar 0,95%.

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita bahkan optimistis sektor manufaktur akan melanjutkan akselerasi tahun ini. “Kami memproyeksi untuk pertumbuhan industri pengolahan nonmigas 2023 sebesar 4,81%, dan kami tetapkan target 2024 sebesar 5,80%.”


3. Batu Bara Masih Jadi ‘Primadona’ Energi Murah Pembangkit Listrik

Penggunaan batu bara sebagai sumber energi diyakini masih akan berlangsung lama meskipun dihadapkan pada tantangan transisi energi. Terlebih, batu bara masih menjadi ‘primadona’ sumber energi pembangkit listrik yang paling murah dibandingkan dengan lainnya.

Saat ini, mayoritas pembangkit listrik terutama di Asia Tenggara sangat mengandalkan batu bara sebagai sumber energinya. Hanya di Eropa dan Amerika Utara saja yang telah mengurangi penggunaan batu bara pada pembangkit listrik.

Irwandy Arif, Staf Khusus Menteri ESDM Bidang Percepatan Tata Kelola Mineral dan Batubara, mengatakan bahwa wilayah Asia Timur-Selatan memiliki permintaan listrik yang tinggi. Sejumlah negara bahkan memiliki rencana pengembangan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) berbahan bakar batu bara yang besar, padahal kapasitas eksisting juga sudah tinggi.


4. Membaca Sasaran Program Eco-Industrial Park (EIP) Tahap II

Indonesia meluncurkan program Eco-Industrial Park (IEP) Phase II, setelah fase pertama program serupa dengan tiga proyek percontohan dimulai sejak 1 Juli 2020. Pada fase kedua ini, fokus transformasi akan diperkuat pada aspek lingkungan dan ekonomi.

Eco-Industrial Park (EIP) adalah konsep pembangunan kawasan industri inklusif dan berkelanjutan, yang didorong United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) melalui Global Eco-Industrial Park Program (GEIPP).

Sejak 2019, Indonesia menjadi salah satu bagian dari GEIPP-UNIDO, dengan tiga proyek kawasan industri percontohan, mencakup MM2100, Batamindo Industrial Park di Batam, dan Karawang International Industrial City (KIIC) di Jawa Barat.


5. Jurus Pemerintah Mudik Lebaran 2024, Dari Diskon Tarif Tol Hingga Ruas Fungsional

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), perkiraan puncak arus mudik berdasarkan pilihan masyarakat adalah H-2 atau Senin, 8 April 2024 dimulainya cuti bersama dengan potensi pergerakan 26,6 juta orang atau sebesar 13,7%. 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan memberikan diskon tarif jalan tol selama momentum mudik Lebaran 2024. Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pemberian diskon tarif tol ini dilakukan dalam rangka untuk membantu mengendalikan laju arus lalu lintas selama libur Lebaran.

Pasalnya, jalan tol di Pulau Jawa masih menjadi favorit masyarakat untuk mudik. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.