Top 5 News: Gerak Harga Komoditas hingga Faktor Kelancaran Mudik Lebaran

Gerak harga komoditas saat Idulfitri hingga faktor keancaran arus mudik menjadi berita pilihan yang dirangkum dalam Top 5 News Bisnisindonesia.id

Tim Redaksi

11 Apr 2024 - 07.05
A-
A+
Top 5 News: Gerak Harga Komoditas hingga Faktor Kelancaran Mudik Lebaran

Ilustrasi Top 5 News/Istimewa

 Bisnis, JAKARTA—Variasi katalis mengikuti sejumlah komoditas mulai dari aset kripto hingga komoditas energi yang membuat pergerakan tersendat, meskipun tak semua bernasib sama.

Gerak harga komoditas saat Idulfitri hingga faktor keancaran arus mudik menjadi berita pilihan yang dirangkum dalam Top 5 News Bisnisindonesia.id edisi Kamis (11/4/2024). Berikut selengkapnya:

 

1. Gerak-Gerik Harga Komoditas Kripto, Logam, hingga Migas Saat Idulfitri

Kekuatan sejumlah komoditas bergerak variatif, mulai dari aset kripto, logam emas, hingga minyak mentah dunia. Aset digital menunjukkan sinyal pelemahan sementara harga emas pantang kendur.

Aset kripto, termasuk aset digital berkapitalisasi jumbo Bitcoin menunjukkan sinyal pelemahan pada perdagangan Rabu (10/4/2024), usai Hong Kong dikabarkan akan menyetujui perdagangan ETF Bitcoin.

Berdasarkan coinmarketcap pukul 19.00 WIB kripto berada di level harga US$69.028 per koin, atau melemah sebesar 2,37% dalam perdagangan 24 jam. Ethereum (ETH) juga melemah sebesar 0,18%. Adapun stablecoin USDC turun US$0,03 per koin.  Solana (SOL) dan Cardano (ADA) masing-masing turun 4,11 % dan 5,49%. Adapun meme koin Dogecoin (DOGE) melemah 4,15% dan Shiba Inu (SHIB) turun sebesar 3,46%.

Pelemahan sejumlah aset kripto terjadi saat Securities and Future Commission (SCF) Hong Kong dikabarkan akan melegalkan perdagangan ETF Bitcoin.  Dilansir dari Reuters, sumber mengatakan spot bitcoin exchange-traded funds (ETFs) bisa diluncurkan di Hong Kong bulan ini dengan kemungkinan persetujuan pertama akan diumumkan minggu depan.

Jadwal tersebut akan membuat Hong Kong menjadi kota pertama di Asia yang menawarkan ETF yang populer dan jauh lebih cepat dari ekspektasi industri yang memperkirakan peluncuran akan dilakukan suatu saat tahun ini. Regulator telah mempercepat proses persetujuan, menurut salah satu sumber Reuters.  

2. Bocoran Pertemuan Megawati dengan TKN Prabowo Gibran, Apa yang Dibahas?

Belakangan, Rosan Roslani kembali melakukan kunjungan dengan suasana yang lebih serius. Meskipun selesai menemui Megawati, Rosan langsung meninggalkan Teukur Umar tanpa memberi keterangan media dengan mobil tertutup rapat.

Saat ditanya ihwal maksud kunjungan ke Teuku Umar, Rosan hanya senyum dan buru-buru masuk mobil.    Rosan tidak menanggapi soal kemungkinan titipan pesan yang disampaikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam kunjungannya ke kediaman Megawati itu.

Rosan lebih dahulu menyambangi Megawati pagi tadi, sekitar pukul 10.40 WIB Rabu (10/4/2024) seiring dengan perayaan Idulfitri. Hanya saja, kunjungan itu hanya berlangsung 5 menit, Rosan bersama istrinya Heni Ayu Rosan langsung meninggalkan Teuku Umar.

Seperti diketahui, Rosan Roeslani merupakan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, ‘lawan’ politik partai dalam kontestasi pemilihan umum (Pemilu) 2024. Namun, ‘sowan’ Rosan ke Megawati ditampik untuk urusan politik.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menceritakan kunjungan ke-2 Rosan itu tidak bicara soal politik. Hasto berujar, Megawati lebih banyak bercerita soal pengalaman hidupnya dan PDIP kepada Rosan sekitar 2 jam pertemuan tersebut.  

“Ibu nawarin kalau kopi atau teh, mas Rosan pilih teh,” kata Hasto saat ditemui selepas pertemuan di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/4/2024).

Rosan dijamu Megawati dalam satu meja lingkar ditemani Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif,  Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas, dan Hasto. Sementara itu, Hasto mengeklaim, tidak ada pesan politik yang disampaikan Rosan ke Megawati dan juga sebaliknya.

3. Daftar Barang dan Ketentuan Pembatasan Impor Produk Elektronik

Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian mulai membatasi impor sejumlah produk elektronik, mulai dari AC, TV, mesin cuci, hingga penanak nasi (rice cooker) demi menjaga industri di dalam negeri.

Aturan terkait dengan pembatasan impor barang elektronik itu tertuang dalam Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 6 tahun 2024 tentang Tata Cara Penerbitan Pertimbangan Teknis Impor Produk Elektronik.

Dengan menetapkan 139 pos tarif yang diatur impornya melalui Permenperin 6/2024 tersebut, setidaknya terdapat 78 pos tarif yang diterapkan Persetujuan Impor (PI) dan Laporan Surveyor (LS) serta 61 pos tarif lainnya diterapkan hanya dengan LS.

Direktur Industri Elektronika dan Telematika (IET) Kemenperin, Priyadi Arie Nugroho mengatakan bahwa regulasi terkait dengan pembatasan impor produk elektronik tersebut dibuat untuk menciptakan kepastian investasi bagi pelaku industri dalam negeri.

Selain itu, dengan adanya pembatasan impor produk elektronik tersebut, industri di dalam negeri diharapkan memiliki kemampuan untuk memproduksi barang elektronik.

“Beberapa produk yang termasuk ke dalam 78 pos tarif tersebut di antaranya adalah AC, televisi, mesin cuci, kulkas, kabel fiber optik, kulkas, laptop, dan beberapa produk elektronik lainnya," kata Priyadi dalam keterangan tertulis, dikutip Rabu (10/4/2024).

Berkaca pada data SIINas 2023, kapasitas produksi untuk produk AC sebesar 2,7 juta unit dan realisasi produksi sekitar 1,2 juta unit. Artinya utilisasi produksinya hanya 43 persen. Di sisi lain, berdasarkan data Laporan Surveyor mengungkapkan bahwa impor produk AC pada 2023 menembus angka 3,8 juta unit.

Di sisi lain, Gabungan Pengusaha elektronik (Gabel) sebelumnya memproyeksikan kinerja industri elektronik di dalam negeri tumbuh pada kisaran 5%—10% pada 2024. Indsutri disebut-sebut masih menantikan efektivitas aturan larangan dan pembatasan (lartas) impor.

Sekretaris Jenderal Gabel Daniel Suhardiman menilai lartas yang tercantum dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No. 36/2023 itu dapat melindungi pasar domestik dari banjir impor produk elektronik. “Kami pantau dulu pelaksanaan Permendag 36/2023. Proyeksi akan tumbuh 5%—10% tahun ini,” kata Daniel kepada Bisnis, Rabu (6/3/2024).

4. Open House Menteri Bahlil, dari Urusan Politik, Investasi, Hingga Freeport

Acara gelar griya (open house) Idulfitri tidak selamanya hanya menjadi ajang silaturahmi semata. Banyak topik pembicaraan serius dan pesan khusus yang biasanya juga terselip dalam momen lebaran tersebut.

Seperti yang terjadi dalam acara open house yang diadakan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia di rumah dinasnya di Jalan Denpasar, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (10/2/2024).

Pada kesempatan tersebut, Bahlil menyampaikan kepada masyarakat untuk kembali merajut kebersamaan usai Pilpres 2024 untuk membangun Indonesia. Sejalan dengan itu, pihaknya juga akan kembali fokus mengejar target investasi yang telah ditetapkan pada tahun ini sebesar Rp1.650 triliun.

“Setelah urusan politik selesai, kita harus bergabung, bersatu lagi untuk merajut kebersamaan dalam membangun Indonesia tercinta, khususnya saya di Kementerian Investasi harus mengejar target dari apa yang sudah ditetapkan bapak Presiden Jokowi tahun ini Rp1.650 triliun,” ujarnya.

Pencapaian target investasi tersebut, kata Bahlil, juga sebagai upaya untuk mendukung pencapaian target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2% pada 2024. Dia meyakini target investasi pada kuartal I/2024 atau sekitar Rp400 triliun akan tercapai.

Namun, dia menjelaskan bahwa realisasi investasi untuk kuartal I/2024 akan segera diumumkan pada akhir April nanti. “Nanti realisasi bulan ini kami umumkan, insyaallah di kuartal pertama bisa capai target,” tuturnya.

Sebagai gambaran, Kementerian Investasi mencatat realisasi investasi pada 2023 mencapai Rp1.418,9 triliun, lebih tinggi dari target yang ditetapkan sebesar Rp1.400 triliun. Capaian itu juga mencapai 129,0% dari target yang ditetapkan dalam Renstra sebesar Rp1.099,8 triliun.

Dari total realisasi tersebut, penanaman modal asing (PMA) terealisasi sebesar Rp744,0 triliun, sementara penanaman modal dalam negeri (PMDN) terealisasi sebesar Rp674,9 triliun.

5. Mengintip Faktor di Balik Kelancaran Lalu Lintas Mudik Lebaran 2024

PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek melalui empat gerbang tol utama mencapai 1,2 juta kendaraan selama 3 April sampai dengan 8 April 2024.

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat gerbang tol (GT) utama, GT Cikupa (arah Barat), GT Ciawi (arah Selatan), dan GT Cikampek dan GT Kalihurip Utama (arah Timur).

Lalu lintas kumulatif tersebut meningkat sebesar 52% dan jika dibandingkan dengan periode Lebaran 2023, total volume lalu lintas ini lebih tinggi sebesar 2,2% dari periode yang sama tahun lalu.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan puncak volume lalu lintas mudik melalui empat gerbang tol itu telah terjadi pada Sabtu (6/4/2024) sebesar 256.534 kendaraan atau naik 65% dari situasi normal atau lebih rendah -1,3% dari volume mudik lebaran tahun lalu.

Menurutnya, puncak mudik tahun ini lebih rendah terhadap puncak mudik Lebaran 2023 karena lalu lintas tidak terkonsentrasi di satu tanggal, namun Jasa Marga mencatat secara kumulatif lalu lintas di empat gerbang tol utama masih mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Yang berbeda di tahun ini, dengan peningkatan volume lalu lintas secara total sebesar 2,2% dari periode yang sama tahun lalu, kami melihat adanya lalu lintas yang terdistribusi merata sejak H-7 artinya imbauan Pemerintah untuk mudik lebih awal telah diikuti oleh masyarakat,” ujarnya dikutip Rabu (9/4/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.