Top 5 News: Kebut Target PSN 2023 dan Cara Bitcoin Hadapi Krisis

Kementeran Pekerjaann Umum dan Perumahan mulai mengejar penyelesaian puluhan proyek yang ditargetkan rampung pada 2024. Di sisi lain, Bitcoin memiliki sikap tersendiri melewati badai kelaparan.

Rayful Mudassir

2 Apr 2023 - 11.56
A-
A+
Top 5 News: Kebut Target PSN 2023 dan Cara Bitcoin Hadapi Krisis

Ilustrasi: Proyek Strategis Nasional (PSN) Ruas Tol Bakauheni - Terbanggi Besar./kppip.go.id.

Bisnis, JAKARTA - Pemerintah tengah mempercepat pembangunan sejumlah Proyek Strategis Nasional (PSN) yang ditargetkan selesai 2024. Eksekutif hanya memiliki waktu 15 bulan merampungkan seluruh pekerjaan tersebut. 

Upaya penyelesaian PSN menjadi salah satu laporan pilihan yang dirangkum dalam Top 5 News Bisnisindonesia.id edisi Minggu (2/4/2023). Selain itu, sejumlah berita pilihan lainnya turut tersaji seperti Forum ‘Davos Asia’, peforma Bitcoin, duit maskapai hingga pengawasan truk batu bara. Berikut laporan selengkapnya. 

  1. Tancap Gas Penyelesaian Proyek Strategis Nasional Sebelum 2024


Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan sasaran PSN yang akan dikejar hingga 2024 yakni 24 major project (MP) dengan 827 kegiatan senilai Rp77,34 triliun. 

“Dalam penyelesaian PSN, Kementerian PUPR tengah melaksanakan pembangunan 9 bendungan. Kemudian pembangunan dan rehabilitasi 5 jaringan irigasi, pembangunan 5 jalan tol, 4 SPAM, serta tanggul laut di DKI Jakarta,” ujarnya, dikutip Sabtu (1/4/2023). 

Adapun PSN yang tengah dalam proses penyelesaian oleh PUPR yaitu bendungan Manikin, Way Apu, Bulango Ulu, Meninting, Rukoh, Leuwikeris, Lausimeme, Sidan dan Jlantah. Lalu, pembangunan jaringan irigasi DI. Lhok Guci, DI. Jambo Aye Kanan, DI. Lematang, DI. Baliase, dan DI. Gumbasa. 

Selanjutnya, pembangunan jalan tol Bogor Ring Road (termasuk Caringin - Salabenda), jalan tol Kayu Agung –Betung, Sigli – Banda Aceh, akses pelabuhan Patimban, dan jalan tol Pasuruan – Probolinggo. Kemudian pembangunan SPAM Semarang Barat, Jatiluhur, Wasusokas, dan Benteng Kobema. 


Tak hanya penyelesaian PSN, Basuki juga mengarahkan jajaranya untuk melakukan dukungan dalam beberapa program percepatan pembangunan wilayah seperti misalnya yang mengacu pada Perpres No.79/2019.

“Kegiatan yang selesai pada 2023 antara lain peningkatan Jalan Pringsurat  – Secang – Bts. Yogya, rehabilitasi Waduk Penjalin dan Malahayu, Kab. Brebes, Revitalisasi Rowo Jombor, Kab. Klaten. Sementara kegiatan yang selesai tahun 2024 yakni pembangunan Bendung Gerak Karangnongko, Kab. Blora,” katanya.

  1. Membaca Optimisme China dari Forum “Davos Asia”

Boao Forum for Asia atau BFA, kegiatan tahunan yang mempertemukan para pemimpin dan akademisi Asia berlangsung dari 28 sampai 31 Maret 2023. Forum yang juga dikenal sebagai “Davos Asia” tersebut memunculkan optimisme bagi Asia, terutama China.

Seperti dilaporkan yicaiglobal.com, 29 Maret 2023, Forum Boao untuk Asia menggambarkan kawasan ini sebagai "titik terang" global.

Produk domestik bruto Asia diperkirakan akan meningkat 4,5 persen tahun ini.Pemulihan ekonomi Asia kemungkinan akan berlanjut pada 2023 meskipun pertumbuhan lebih lambat di seluruh dunia dan “risiko meningkatnya fragmentasi globalisasi,” ujar laporan Prospek Ekonomi Asia dan Kemajuan Integrasi Boao Forum of Asia (BFA).


Perkiraan BFA 0,3 poin persentase lebih tinggi dari pertumbuhan PDB tahunan Asia sebesar 4,2 persen tahun lalu.

“Asia diperkirakan akan mempercepat laju pertumbuhan ekonominya, terus memajukan produksi regional, perdagangan, investasi dan integrasi dan kohesi keuangan, serta memanfaatkan 'momen Asia' untuk tata kelola ekonomi global,” kata laporan itu.

  1. Performa Andal Bitcoin Hadapi Krisis Perbankan

Bitcoin menunjukkan performa terbaiknya dalam 3 bulan berturut-turut pada 2023 di tengah terpaan krisis perbankan global dan optimisme investor menghadapi tren suku bunga yang landai.

Aset digital terbesar ini berhasil menutup Maret dengan kenaikan lebih dari 22 persen, pertumbuhan kuartalan dan year to date lebih dari 70 persen. Performa kuartal I/2023 ini juga menjadi yang terbaik sejak bullish pada 3 bulan pertama pada 2021, seperti dilaporkan CNBC International pada Sabtu (1/4/2023).

"Reli terus berlanjut sepanjang Maret setelah masalah perbankan baru-baru ini," ujar analis ekuitas Wells Fargo Jeff Cantwell.

Menurutnya, hal itu akan membuat para investor setidaknya beranggapan tiga hal, yakni kripto sebagai aset alternatif untuk menghindari kerugian setelah guncangan di dunia perbankan, short covering atau menjual asetnya lalu membelinya kembali untuk menutup posisi, dan beralihnya investor menjadi berani mengambil risiko kembali karena prospek dari The Fed.

  1. Membedah Duit yang Diterima Maskapai dari Setiap Tiket Pesawat

Pemerhati penerbangan Alvin Lie membongkar komponen harga tiket pesawat yang disebut-sebut mahal untuk mengetahui proporsi yang diterima maskapai.

Alvin membeli tiket untuk penerbangan dari Jakarta via Bandara Halim Perdanakusuma menuju Semarang di Bandara Jenderal Ahmad Yani. Adapun, tarif batas atas (TBA) untuk rute tersebut adalah Rp788.000."Harga total yang saya bayar adalah Rp644.300," ujarnya, Jumat (31/3/2023).

Dia mengatakan bahwa harga tersebut terdiri dari biaya tiket Rp434.000 yang akan masuk ke pos pendapatan maskapai dan pajak sebesar Rp210.300.

Pajak tersebut, lanjutnya, merupakan akumulasi dari fuel surcharge Rp78.800 atau 10 persen dari TBA dan telah menjadi hak maskapai, PPN 11 persen sebesar Rp56.500 yang masuk ke kas negara, pelayanan jasa penumpang pesawat udara (PJP2U) sejumlah Rp70.000 untuk pengelola bandara, dan iuran wajib Jasa Raharja sebesar Rp5.000.

  1. Memperketat Pengawasan Truk Pengangkut Batu Bara

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bakal menertibkan truk pengangkut batu bara dengan kapasitas berlebih atau over dimensi dan over loading (ODOL) di setiap ruas jalan nasional dekat izin usaha tambang. 

Komitmen itu disampaikan Menteri ESDM Arifin Tasrif menanggapi permintaan Komisi V DPR untuk menutup akses jalan bagi truk pengangkut batu bara di Jalan Nasional Jambi. Adapun desakan itu berasal dari Komisi V lantaran aktivitas angkutan batu bara ODOL belakangan membuat jalanan macet dan rusak. 

“Truk masih bisa melintas karena untuk kegiatan ekonomi, tapi memang banyak yang muatannya kelewat berlebihan. Ini mesti ditertibkan,” kata Arifin saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (31/3/2023.

Arifin mengatakan kementeriannya bakal memantau kembali praktik angkutan batu bara di seluruh jalan nasional yang berdekatan dengan usaha pertambangan di daerah. Selain itu, kata dia, Kementerian turut mendorong pelaku usaha terkait untuk membangun ruas jalan baru khusus angkutan bara saat ini. 

“Dari pihak-pihak pengguna jalan itu nanti kita akan minta untuk bantu supaya jadi pelajaran dan tambahan ruas baru,” kata dia. []

Truk sarat muatan melintasi jalur lintas Sumatra Timur di Kayu Agung, Ogan Komering Ilir, Jumat (3/5/2019). /Bisnis-Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra 2019-Abdullah Azzam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.