Top 5 News: Lesunya Pasar Kendaraan Truk hingga Kebut Investasi IKN

Lesunya penjualan kendaraan truk hingga kebut investasi IKN menjadi berita pilihan editor BisnisIndonesia.id yang terangkum dalam Top 5 News edisi Kamis (24/4/2024). Berikut selengkapnya:

Tim Redaksi

25 Apr 2024 - 07.00
A-
A+
Top 5 News: Lesunya Pasar Kendaraan Truk hingga Kebut Investasi IKN

Ilustrasi Top 5 News/Istimewa

Bisnis, JAKARTA—Menghadapi pasar yang melesu, kalangan pabrikan atau agen pemegang merek punya strategi beragam untuk tetap menjaga perfoma penjualannya.

Lesunya penjualan kendaraan truk hingga kebut investasi IKN menjadi berita  pilihan editor BisnisIndonesia.id yang terangkum dalam Top 5 News edisi Kamis (24/4/2024). Berikut selengkapnya:

1. Siasat Pabrikan Truk Menghadapi Pasar Lesu

Penjualan kendaraan tipe truk sepanjang kuartal pertama 2024 melesu. Pabrikan punya siasat menghadapinya.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) melaporkan penjualan mobil angkutan barang tipe truk pada 2024 mengalami penurunan, baik wholesales maupun ritel. Performa lini produksi juga merosot.

Sepanjang Januari-September 2024, realisasi penyerahan mobil truk ke tangan konsumen turun signifikan 34% dibandingkan dengan penjualan ritel pada periode yang sama tahun lalu 23.768 unit menjadi hanya 15.640 unit.

Sejalan dengan hal itu, volume pengiriman dari pabrikan ke jaringan dealer melambat signifikan 39% dibandingkan dengan wholesales pada periode yang sama tahun sebelumnya 24.635 unit menjadi hanya 15.077 unit.

Lini produksi juga menyesuaikan dengan masuk ke jalur perlambatan. Pada kuartal pertama 2024, produksi truk melambat 38% dibandingkan dengan capaian pada periode yang sama tahun lalu 40.197 unit menjadi hanya 25.018 unit.

Selain mengandalkan pasokan pabrikan di dalam negeri, sebagian permintaan pasar dipenuhi dengan impor, terutama untuk tipe truk beban berat.

Pasar kendaraan truk diisi oleh beberapa merek, seperti Mitsubishi Fuso, Hino, UD Trucks, Mercedes Benz, dan Scania.

2. Jurus Kemenperin Perluas Pasar Ekspor Non Migas RI

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membawa 12 industri alat dan mesin (alsintan) lokal dalam ajang Salon International de l'Agriculture au Maroc (SIAM) ke-16. Acara diselenggarakan di Meknes, Maroko pada 22-28 April 2024. 

Sekertaris Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Sopar Halomoan mengatakan tujuan kehadiran Indonesia di SIAM. agar dapat memperluas akses dan penetrasi pasar. 

Menurutnya, dengan turut serta dalam SIAM Meknes ke-16 ini bertujuan memperkenalkan kemampuan industri alat mesin pertanian di Indonesia. 

“Mendorong penetrasi pasar non tradisional agar meningkatnya akses pasar dan jejaring bisnis industri dalam negeri dengan pihak industri global, khususnya alat dan mesin pertanian di wilayah Afrika dan Eropa,” ujarnya melalui pernyataan resmi, Rabu (24/4/2024). 

Hadirnya Indonesia pada SIAM Meknes merupakan buah kolaborasi antara Kemenperin dengan KBRI Kerabat. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menampilkan produk alsintan indonesia yang mampu bersaing secara global. 

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020, salah satu target RPJMN yakni kontribusi ekspor produk industri berteknologi tinggi mencapai 13% pada tahun ini. Target tersebut salah satunya diraih melalui keikutsertaan Indonesia di SIAM Meknes ke-16.

3. Menakar Dampak Naiknya BI Rate pada Bisnis Bank

Dampak kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia terhadap stabilitas industri perbankan nasional diperkirakan tidak akan begitu signifikan. Meski begitu, sinyal pelemahan kinerja perbankan memang sudah terlihat pada awal tahun ini.

Bank Indonesia memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan atau BI Rate sebesar 25 bps menjadi 6,25% pada Rapat Dewan Gubernur (RDG) periode 23-24 April 2024. Sementara itu, suku bunga deposit facility naik menjadi sebesar 5,50%, sedangkan suku bunga lending facility naik menjadi 7,00%.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, mengungkap bahwa keputusan ini diambil untuk memperkuat stabilitas rupiah dari kemungkinan memburuknya risiko global serta langkah pre-emptive dan forward looking untuk memastikan inflasi tetap dalam sasaran 2,5±1% pada 2024 dan 2025.

"Kebijakan makroprudensial dan sistem pembayaran tetap pro-growth untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," jelasnya dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada Rabu (24/4/2024).

Adapun, BI terakhir kali menaikkan BI Rate pada Oktober 2023 sebesar 25 basis poin. BI memastikan ketahanan sistem keuangan di Indonesia pada awal tahun ini atau 2024 terjaga dengan baik. Likuiditas hingga permodalan perbankan pun dinilai masih kuat.

Likuiditas yang memadai tecermin dari rasio alat likuid per dana pihak ketiga (AL/DPK) pada Maret 2024 di level 27,18%. Sementara itu, permodalan yang kuat terlihat dari rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/ CAR) perbankan yang masih di level yang tinggi, yakni 27,73% per Februari 2024.

Di sisi lain, rasio kredit bermasalah perbankan (nonperforming loan/NPL) gross tercatat rendah sebesar 2,35% dan NPL nett di level 0,82%. Ketahanan perbankan juga didukung oleh kemampuan membayar korporasi yang terjaga.

4. Laba TLKM Tertekan di Kuartal Pertama 2024, Simak Rekomendasi Sahamnya

Emiten telekomunikasi dan jaringan, PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) mencatatkan kinerja solid dengan peningkatan 3,7% pada pendapatan menjadi sebesar Rp37,4 triliun di kuartal I/2024 dibanding kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Berdasarkan laporan keuangannya, pertumbuhan pendapatan ini ditopang dari pertumbuhan pendapatan dari data internet dengan capaian Rp22,2 triliun atau naik 11,3% year-on-year/ YoY.

Pertumbuhan yang kuat juga berasal dari bisnis interkoneksi dengan pendapatan sebesar Rp2,58 triliun, naik 16,0% YoY.

Pertumbuhan konsumsi data seluler yang berkelanjutan merupakan tren global secara keseluruhan. Namun, penyebab utama  peningkatan pendapatan interkoneksi adalah keberhasilan TLKM meraih peluang dari bisnis suara pasar grosir internasional.

Bisnis suara pasar grosir internasional merujuk pada perdagangan dan bisnis yang terkait dengan layanan suara (seperti panggilan telepon) antara operator telekomunikasi di berbagai negara.

Ini mencakup pertukaran lalu lintas suara antar negara yang biasanya melibatkan perusahaan telekomunikasi besar yang menjual kapasitas jaringan suara mereka kepada operator lain di seluruh dunia.

5. Kebut Investasi dan Pembangunan IKN Jelang Pemindahan Tahap 1

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) optimistis investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan terakselerasi usai Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024 – 2029.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi, Agung Wicaksono, mengungkapkan hal tersebut seiring dengan adanya kepastian keberlanjutan pembangunan IKN di tangan Prabowo – Gibran. 

“Hari ini kita sudah mengumumkan hasil resmi Pemilu, yang memberikan kepastian. Seperti yang Anda semua tahu, untuk investasi yang akan datang, yang paling penting adalah kepastian [keberlanjutan pembangunan IKN],” ujarnya, Rabu (24/4/2024). 

Seiring dengan hal itu, Agung yakin ke depannya IKN bakal mulai banjir investor di mana, pada tahun ini Otorita IKN menargetkan total investasi  yang terparkir mencapai Rp100 triliun. Adapun, hingga saat ini total investasi yang sudah terealisasi di IKN hampir Rp50 triliun atau tepatnya Rp49,6 triliun.

Investasi tersebut berhasil tertanam di IKN melalui 5 proses groundbreaking terhitung mulai September 2023 hingga Maret 2024.

“Dan sekarang kita memiliki kepastian akan terbentuknya pemerintahan setelah hasil pemilu dan dengan itu, kami sangat optimis bahwa investasi akan terus mengalir ke Nusantara,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.