Free

Top 5 News : Prospek GOTO Cs hingga Rekonsiliasi AS-China

Indeks sektoral teknologi dinilai siap mengalami peningkatan, sementara hasil pertemuan antara Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dan Presiden China Xi Jinping menghidupkan sinyal perbaikan hubungan.

Rinaldi Azka

21 Jun 2023 - 08.49
A-
A+
Top 5 News : Prospek GOTO Cs hingga Rekonsiliasi AS-China

Bisnis, JAKARTA - Indeks sektoral teknologi diperkirakan mengalami peningkatan dalam jangka pendek walaupun sejumlah anggota indeksnya mengalami pelemahan.

Terbatasnya penguatan suku bunga membuat animo saham saham teknologi kian berkibar. Apalagi, lanjutnya, hal ini didukung oleh inflasi yang mulai mengalami penurunan.

Selain pergerakan indeks sektoral yang dihuni GOTO dan BUKA ini, berikut sejumlah berita pilihan redaksi bisnisindonesia.id, Rabu (21/6/2023). Di antaranya adalah :

1. Prospek GOTO Cs & Adanya Sinyal Penguatan Indeks Saham Teknologi

 Indeks sektoral teknologi dinilai siap mengalami peningkatan. Meskipun indeks yang menaungi saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) hingga PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) mengalami pelemahan setelah menguat pada awal tahun.

Associate Director of Research and Investment Pilarmas Investindo Sekuritas Maximilianus Nico Demus mengatakan terbatasnya penguatan suku bunga membuat animo saham saham teknologi kian berkibar. Apalagi, lanjutnya, hal ini didukung oleh inflasi yang mulai mengalami penurunan.

Hal tersebut dapat menjadi sinyal saham-saham teknologi dapat mengalami penguatan meskipun secara year-to-date (ytd) melemah. “Inflasi yang mulai mengalami penurunan semakin memberikan keyakinan bahwa saham-saham teknologi siap mengalami kenaikan, dengan adanya potensi penurunan tingkat suku bunga,” kata Nico, dikutip Selasa (20/6/2023).

Namun di tengah optimisme tersebut, kata Nico, Powell sempat mengatakan The Fed masih akan menaikkan tingkat suku bunga sebanyak 2 kali hingga akhir tahun. Menurutnya hal ini membuat pelaku pasar dan investor menjadi gugup akan sikap The Fed, tatkala inflasi Amerika mengalami penurunan. 

Adapun untuk Indonesia dengan Inflasi yang rendah, tingkat suku bunga yang relatif stabil, daya beli dan konsumsi yang terjaga dengan baik, fundamental yang kuat, dan fiskal berjalan yang sehat, merupakan salah satu daya tahan Indonesia dalam menghadapi ketidakapstian.

“Sehingga kami sendiri melihat, sektor teknologi berpotensi mencatakan kinerja yang positif di tahun ini,” ujarnya. 

2. Jalur Profitabilitas SMGR

Industri semen kian bergerak ke arah fundamental yang baik seiring harga komoditas batu bara sebagai bahan bakarnya menuju normalisasi, persaingan pemasaran pun menjadi penentu utama dalam meraih kinerja maksimal PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR).

Corporate Secretary Semen Indonesia, Vita Mahreyni menerangkan selalu memastikan kualitas produk Semen Gresik tetap terjaga kualitasnya melalui perpanjangan SNI secara rutin dan pengecekan performa setiap bulan, dan telah meraih sertifikat Green Label yang membuktikan Semen Gresik merupakan produk ramah lingkungan. 

Upaya memperkuat relasi dan engagement dengan konsumen juga terus dilakukan melalui beragam program dan aktivitas, seperti branding toko pareto, program promosi bagi pemilik toko yang berbelanja Semen Gresik, Komunitas Tukang Semen Gresik, aktivasi di media sosial Semen Gresik dan Jago Bangunan, pelatihan komunitas konstruksi SMGR, dan beasiswa untuk anak tukang.

“Hadir lebih dekat dengan pelanggan, SMGR juga memberikan kemudahan akses melalui platform digital untuk pembelian produk Semen Gresik melalui SIG Official Store di Tokopedia dan aplikasi AksesToko. SMGR juga menghadirkan solusi satu atap untuk kebutuhan konstruksi rumah, mulai dari pembelian desain dengan arsitek, pembangunan atau renovasi rumah, pendampingan proyek konstruksi, hingga solusi pembiayaan yang dapat diakses melalui SobatBangun.com,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Di masyarakat, brand Semen Gresik pun dinobatkan sebagai semen kualitas premium yang menjadi pemimpin pasar. 


3. REI Gencar Sertifikasi Kompetensi Pengembang agar Berkualitas

Selain fokus dalam pembangunan properti, ternyata developer juga harus memiliki kualifikasi yang mumpuni. Kualitas tersebut juga dilakukan uji kompetensi yang diselenggarakan Lembaga Sertifikasi Profesi Real Estat Indonesia (LSP REI).

Ketua LSP REI Hendra Susanto menambahkan pihaknya bertanggung jawab atas capaian kompetensi yang sudah diterbitkan oleh otoritas yang berwenang, Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) melalui LSP REI.

Sebagai bentuk tanggung jawab atas sertifikat yang diterbitkan, LSP REI secara periodik melakukan surveillance kepada SDM perusahaan real estat. 

“Niat kita membangun SDM di sektor real estat khususnya di REI menjadi SDM berkompeten sehingga menghasilkan produk perumahan layak huni bagi masyarakat,” ujarnya dikutip Selasa (20/6/2023). 

Hendra berharap berharap pemerintah daerah, perbankan dan mitra kerja lainnya dapat mempertimbangkan sertifikasi ini sebagai bentuk pengakuan atas kompetensi SDM perusahaan real estat. 

Ketua Pengarah LSP REI Djoko Slamet Oetomo menuturkan kegiatan sertifikasi kompetensi bagi SDM pengembang dapat meningkatkan citra REI sebagai organisasi perusahaan real estat. Proses uji kompetensi diharapkan akan menghasilkan produk real estat yang bernilai tambah terbaik. 

“Dengan begitu akan membangun kepercayaan pemangku kepentingan sekaligus menambah keyakinan dan kepastian masyarakat terhadap hunian buatan anggota REI. Hal ini sekaligus sebagai bukti keseriusan asosiasi dalam pembinaan SDM di perusahaan anggotanya,” tuturnya. 

4. Pemerintah Resmi Tetapkan Libur Iduladha Tiga Hari

Pemerintah secara resmi mengumumkan bahwa libur dan cuti bersama Iduladha 1444 H jatuh pada 28-30 Juni 2023.

Ini artinya, masyarakat dapat menikmati libur Hari Raya Kurban selama 3 hari. Keputusan tersebut diteken melalui Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia tentang libur Idul Adha tahun ini.

Dalam surat yang ditetapkan tanggal 16 Juni 2023 ini hari raya Iduladha jatuh pada tanggal 29 Juni 2023. Kemudian cuti bersama jatuh pada 28 dan 30 Juni 2023 yaitu pada Rabu dan Jumat.

Pemerintah mengubah cuti bersama tahun 2023 sehingga Lampiran Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 1066 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022, Nomor 3 Tahun 2022 tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023.

5. Selangkah Lebih Maju untuk Rekonsiliasi AS-China

Amerika Serikat dan China akhirnya sepakat untuk mengakhiri ketegangan hubungan demi stabilitas global. Hal ini menciptakan harapan baru bagi ekonomi dunia dan kalangan bisnis.

Hal itu dicapai setelah pertemuan tak terduga selama 35 menit antara Menteri Luar Negeri Antony Blinken dengan Presiden Xi Jinping di China pada Senin (19/6/2023). Keduanya bertemu di tengah perselisihan soal isu kemanusiaan, perdagangan, Taiwan, perang teknologi, hingga keberpihakan dengan Rusia.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken berharap AS dan China akan memiliki komunikasi dan keterlibatan yang lebih baik ke depannya. "Saya pikir kami telah mengambil langkah positif dalam arah itu selama beberapa hari terakhir." jelasnya seperti dilaporkan Bisnis.com yang melansir Bloomberg.  

Tak hanya itu, pemimpin China juga memberikan pujian langka terhadap kunjungan Blinken, mengatakan bahwa kemajuan tersebut sangat baik dan menyebutkan ada kesepakatan dalam beberapa isu tertentu, tetapi tidak menjelaskan penjelasan lebih lanjut. 

Xi menambahkan bahwa cara yang tepat dalam membangun hubungan antara kedua negara sangatlah penting bagi "masa depan dan takdir umat manusia."

Itu dia lima berita terpopuler dari Bisnisindonesia.id, kunjungi situs untuk berita dengan penulisan mendalam, komprehensif, dan terkini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.