Top 5 News: Risiko Aset Kripto hingga Anggaran THR 2023

Risiko dan aturan pengawasan terhadap aset kripto menjadi fokus pembahasan bank sentral se-Asean.

Fatkhul Maskur

30 Mar 2023 - 07.11
A-
A+
Top 5 News: Risiko Aset Kripto hingga Anggaran THR 2023

Bisnis, JAKARTA - Risiko dan aturan pengawasan terhadap aset kripto menjadi fokus pembahasan bank sentral se-Asean. Bahasan tersebut dilakukan dalam petemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral se-Asean.

Berita bertajuk Perhatian Asean Atasi Risiko Industri Aset Kripto menjadi salah satu pilihan redaksi BisnisIndonesia.ID. Selain itu, sejumlah berita menarik lainnya turut tersaji dari meja redaksi BisnisIndonesia.id.

Berikut ini sorotan utama Bisnisindonesia.id, Kamis (30/3/2023):

1. Perhatian Asean Atasi Risiko Industri Aset Kripto

Risiko dan aturan pengawasan terhadap aset kripto menjadi fokus pembahasan bank sentral se-Asean. Bahasan tersebut dilakukan dalam petemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral se-Asean.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo menyampaikan bahwa keberadaan dan risiko dari aset kripto menjadi perhatian bersama bagi otoritas keuangan di Asean. Sebab, aset kripto merupakan private digital currency, berbeda dengan sovereign digital currency, yang memang diterbitkan oleh bank sentral. Hal ini disampaikan Dody dalam acara Media Briefing Asean Finance Ministers and Central Bank Governors Meeting (AFMGM), Senin (27/3/2023).

“Masalah kripto dan stablecoin punya masalah bagaimana seandainya ada ketidakpercayaan pada currency, kemudian siapa nanti yang men-take over, karena ini merupakan private digital currency. Beda dengan sovereign digital currency yang kalau ada masalah nanti kita akan mengambil hak dari bank sentralnya untuk mengatasi itu,” ujar Dody.

Dia mengatakan dibutuhkan kesamaan di antara bank sentral Asean dalam merumuskan aturan dan pengawasan.“Same business, same risk, dan regulasi yang sama, antara digital currency dan yang sifatnya tradisional. Itu yang akan dibangun karena masalah di negara emerging markets lebih berat kalau menyangkut ketidakpercayaan masyarakat,” jelasnya.

2. Jalur Kereta Api Mengungkit Daya Saing Sulawesi

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Kereta Api Makassar-Parepare untuk rute Maros-Barru, dan Depo Kereta Api Maros, Sulawesi Selatan, Rabu (29/3/2023). Pembangunan angkutan transportasi massal kereta api terlambat lebih dari 30 tahun.

“Sekarang ini baru dari Makassar sampai Parepare, dan yang sekarang ini yang kita resmikan ini jalur dari Maros ke Barru,” kata Presiden Jokowi saat meresmikan Jalur Kereta Api Makassar-Parepare antar Maros-Barru dan Depo Kereta Api Maros di Kabupaten Maros.

Jalur kereta api (KA) dari Stasiun Maros di Kabupaten Maros sampai Stasiun Garongkong di Kabupaten Barru memiliki panjang 80 kilometer dan merupakan bagian dari proyek KA Makassar--Parepare sepanjang 145 kilometer (km), yang sudah terbangun sepanjang 120 km.

Presiden Jokowi mengatakan pengoperasian pada hari ini dan semakin banyaknya gerbong kereta serta layanan perjalanan akan meningkatkan daya saing perekonomian di Sulawesi karena jasa transportasi menggunakan kereta api memiliki biaya yang murah.

3. Lari Cepat Transaksi Dompet Digital Berebut Kue Bisnis

Penggunaan nilai transaksi uang elektronik dengan metode transfer makin menjadi primadona seiring dengan ramainya adopsi dompet digital atau e-wallet. Tren pertumbuhan jumlah transaksi elektronik diproyeksi terus berlangsung didorong oleh perluasan fitur.

Perlu diketahui, transaksi uang elektronik terus merangkak naik sepanjang 2016-2022 dengan tingkat pertumbuhan tahunan atau compounded annual growth rate (CAGR) mencapai 96 persen. Puncaknya dicapai pada 2022 dengan nilai transaksi Rp399 triliun.

Teranyar, Bank Indonesia mencatat nilai transaksi uang elektronik pada Februari 2023 tumbuh tinggi 31,14 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) sehingga mencapai Rp35,7 triliun. Adapun transaksi ekonomi dan keuangan digitak berkembang pesat dalam mendorong kegiatan ekonomi.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung mengatakan tren pertumbuhan jumlah transaksi elektronik masih akan terus berlangsung lantaran adanya perluasan fitur dan merchant atau pedagang yang semakin banyak.

4. Ekspansi Masif Astra Property Perkuat Jangkar Bisnis Rumah

PT Menara Astra (Astra Property) anak usaha dari PT Astra International Tbk (ASII) terus memperkuat jangkarnya di sektor properti Tanah Air. Dalam usia yang masih terbilang muda yakni enam tahun, Astra Property terus memasifkan aksi korporasinya.

Terbaru, Astra Property menggandeng pengembang raksasa Sinarmas Land dalam mengembangkan proyek perumahan di kawasan selatan Jakarta. Sinarmas Land merupakan raksasa properti dengan kapitalisasi pasar senilai Rp37,49 triliun yang berasal dari tiga entitas andalan, PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), PT Duta Pertiwi Tbk (DUTI), dan PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS).

Melalui entitas joint venture bersama Hongkong Land, PT Astra Land Indonesia menjalin kerja sama strategis dengan anak usaha Sinarmas Land yakni BSDE. Mereka membuat perusahaan patungan PT Ruby Karya Sejahtera.

Pada 8 Maret 2023, BSDE dan Astra Land Indonesia (ALI) melakukan penyertaan saham pada suatu perusahaan patungan yang bernama PT Ruby Karya Sejahtera dengan modal dasar senilai Rp10 miliar terbagi atas 10.000 saham masing-masing Rp1 juta per saham.

5. Anggaran THR 2023 Melonjak, Pertumbuhan Diharapkan Terdongkrak

Pemerintah tahun ini memberikan tunjangan hari raya dan gaji ke-13 untuk pegawai negeri sipil dan pensiunan. Kucuran THR dan gaji ke-13 tersebut diharapkan dapat menopang pertumbuhan ekonomi di tahun 2023. Jika tidak terjadi kenaikan level inflasi secara signifikan, peran THR dalam mendukung pertumbuhan ekonomi akan terasa. Hal itu terutama dapat dilihat pada kuartal kedua 2023.

THR dan gaji ke-13 diberikan sebesar gaji/pensiun pokok dan tunjangan yang melekat pada gaji/pensiun pokok (tunjangan keluarga, pangan, jabatan struktural/fungsional/umum), dan 50 persen tunjangan kinerja per bulan bagi yang mendapatkan tunjangan kinerja.

THR 2023 mengalami kenaikan sekitar Rp4,6 triilun yang akan diberikan kepada seluruh aparatur sipil negara dan pensiunan yang terdiri atas ASN Pusat, Pejabat Negara, Prajurit TNI, dan Anggota Polri sekitar 1,8 juta orang; ASN Daerah sekitar 3,7 juta orang, termasuk Guru ASND yang menerima TPG 1,1 juta orang, dan guru ASND tamsil 527.000 orang; dan pensiunan dan penerima pensiun 2,9 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.