Top 5 News: Tembakau Purbalingga hingga Menjaga Pasokan Energi

Pada 2020 total luasan lahan tembakau di Kabupaten Purbalingga hanya 13 hektare dengan produksi tembakau sebanyak 5,1 ton, terutama di Bambangan Desa Kutabawa Kec. Karangreja.

Redaksi

10 Apr 2024 - 07.00
A-
A+
Top 5 News: Tembakau Purbalingga hingga Menjaga Pasokan Energi

Ilustrasi top 5 News

Bisnis, JAKARTA – Tembakau Purbalingga telah kondang sejak masa penjajahan Belanda. Kualitasnya yang premium menjadikannya sebagai bahan pembungkus cerutu nomor wahid di Eropa. Kini, hanya sedikit petani yang masih membudidayakannya.

Ulasan tentang mimpi mengembalikan kejayaan tembakau Purbalingga menjadi salah satu pilihan Bisnisindonesia.id, selain beragam kabar ekonomi dan bisnis yang dikemas secara mendalam dan analitik tersaji dari meja redaksi Bisnisindonesia.id.

Berikut intisari dari top 5 News Bisnisindonesia.id yang menjadi pilihan editor, Rabu (10/4/2024):

1. Mimpi Mengembalikan Kejayaan Tembakau Purbalingga

Melansir purbalinggakab.go.id, sejarah pertembakauan di Purbalingga dimulai sejak jaman kolonial Belanda saat era tanam paksa dan mulai meningkat pada tahun 1900-an.

Salah satu perusahaan tembakau Purbalingga adalah NV Tabak Export & Import Compagnie yang setelah kemerdekaan berubah menjadi Gading Mas Indonesia Tabacco (GMIT). Dengan ditutupnya GMIT merupakan salah satu tanda meredupnya pertembakauan di Purbalingga.

Saat ini perusahaan Industri Hasil Tembakau yang beroperasi di Purbalingga adalah PT Mitra Karya Tri Utama (Sampoerna) memproduksi rokok sigaret yang merupakan perusahaan mitra dari PT Sampoerna dan CV King Brewery memproduksi liquid vape yang saat ini di gandrungi oleh kalangan muda.

Di samping itu ada beberapa masyarakat memproduksi rokok dalam jumlah kecil dan dipasarkan terbatas dengan tanpa kemasan (menggunakan plastik) yang dititipkan ke warung-warung dan juga sekarang ini banyak toko dan tempat nongkrong yang juga menjual tembakau nglinting dewe alias tingwe karena harga rokok pabrikan mahal dan mencari kenikmatan tembakau yang berbeda.

Pada 2020 total luasan lahan tembakau di Kabupaten Purbalingga hanya 13 hektare dengan produksi tembakau sebanyak 5,1 ton, terutama di Bambangan Desa Kutabawa Kec. Karangreja.


2. Menguak Kesaksian Sri Mulyani dkk di Sidang MK

Perkara bantuan sosial (bansos) hingga blokir anggaran, menteri-menteri Presiden Joko Widodo memberikan klarifikasi di depan Mahkamah Konstitusi (MK).

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati melaporkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara realisasi bantuan sosial (bansos) menjelang Pemilu 2024 maupun pada tahun-tahun sebelumnya.

Dirinya yang memenuhi panggilan Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai saksi persidangan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) tersebut juga menyampaikan bahwa bansos pada tahun ini pun telah tercantum dalam APBN 2024. 

Sri Mulyani juga menekankan bahwa pola realisasinya tidak terdapat perbedaan dibanding periode 6 tahun sebelumnya.

Secara perinci dirinya menjelaskan jika membandingkan dengan realisasi anggaran Perlinsos dan Bansos (Kemensos) 6 tahun terakhir (2019 – 2024) periode yang sama (Januari-Februari), tidak terdapat perbedaan pola realisasi belanja Perlinsos kecuali tahun 2023. 

Untuk tahun ini, pada dasarnya alokasi Perlinsos yang senilai Rp496,8 triliun telah dianggarkan dalam APBN Tahun 2024. Hal ini pun juga telah sesuai dengan pembahasan dan persetujuan DPR. 

Hingga Februari 2024, pemerintah telah menyalurkan bansos senilai Rp12,8 triliun untuk penyaluran program keluarga harapan (PKH) bagi 10 juta keluarga penerima manfaat dan kartu sembako bagi 18,7 juta keluarga penerima manfaat (KPM).


3. Saat PLN Berjibaku Amankan Pasokan Listrik Selama Lebaran

PT PLN (Persero) memastikan 431 mesin pembangkit listrik di 107 lokasi di Indonesia beroperasi penuh untuk memastikan ketersediaan energi listrik menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H.

Kesiapan seluruh pembangkit disebut cukup untuk menunjang aktivitas para konsumen selama hari besar baik golongan rumah tangga, tempat ibadah, industri dan bisnis. Seluruh mesin pembangkit dipastikan memiliki kesiapan energi primer diatas 20 Hari Operasi Pembangkit (HOP). 

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasojo menyampaikan perusahaan setrum bersiaga penuh terhadap sistem kelistrikan, personel hingga infrastruktur pendukung untuk menghadirkan momen lebaran dengan layanan listrik yang tetap terjaga keandalannya.

Darmawan juga sempat mengecek kondisi jaringan transmisi dan distribusi kelistrikan di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) 500 kiloVolt (kV) Pedan di Klaten, Jawa Tengah pada Sabtu (6/4/2024). Momen ini merupakan serangkaian kesiagaan PLN untuk memastikan kesiapan kelistrikan yang andal khususnya wilayah Jawa-Madura-Bali melayani lebaran tahun ini.

Demi menjaga keandalan distribusi listrik, perseroan memperkuat instalasi dengan menyiapkan 1.731 genset, 735 Uninterruptible Power Supply (UPS), 1.206 Unit Gardu Bergerak (UGB), 188 Unit Kabel Bergerak (UKB)/Unit Kabel dan Kubikel Bergerak (UKKB), 19 unit Trafo mobile, 33 ERS standby, 395 crane, 3.756 mobil dan 3.318 sepeda motor operasional. PLN juga menyiagakan 81.591 personil siaga yang tersebar di 2.766 posko seluruh Indonesia. 

4. Geliat Perputaran Ekonomi Mudik Lebaran 2024

Potensi perputaran ekonomi selama periode mudik Lebaran 2024 bakal membuat daerah bergeliat. Tak hanya itu, nilai perputarannya mencapai Rp30,42 triliun.

Bank Syariah Indonesia (BSI) Institute memperkirakan potensi perputaran ekonomi dari biaya perjalanan mudik mencapai Rp30,42 triliun menjelang Lebaran tahun ini.

Senior Quantitative Analyst BSI Institute Fatiya Rumi Humaira menyampaikan bahwa berdasarkan hasil riset terkait Ramadan dan Idulfitri, sebanyak 36,8% responden mengeluarkan uang untuk biaya perjalanan mudik. Sementara itu, rata-rata biaya perjalanan mudik nasional adalah sebesar Rp591.150.

Dia menjelaskan, metode perjalanan mudik yang dipilih responden cukup bervariasi, di mana 47% mudik dengan mobil pribadi, 32% dengan motor pribadi, 25% dengan bis/travel, 19% dengan kendaraan sewa, 19% dengan kereta, 12% dengan pesawat, dan 6% dengan kapal.

Di sisi lain, Fatiya mengatakan bahwa konsumsi masyarakat selama Ramadan meningkat signifikan, tercermin dari proporsi masyarakat yang belanja mencapai 66,1%.

Proporsi belanja terbanyak adalah di satu minggu sebelum hari raya Idulfitri, yaitu mencapai 58,9%. Selain itu, Fatiya mengatakan alokasi belanja masyarakat yang bersifat alturisme juga cukup tinggi.


5. Kala Perwira Elnusa Berlebaran di Tengah Laut Demi Menjaga Pasokan Energi

Hari Raya Idulfitri biasanya menjadi momentum bagi banyak orang untuk berkumpul bersama keluarga dan bersilaturahmi. Tak heran jika banyak masyarakat yang melakukan aktivitas mudik atau kembali ke kampung halaman demi dapat berkumpul bersama sanak saudara tercinta. 

Namun, tidak demikian dengan para pekerja atau Perwira PT Elnusa Tbk. yang tetap bekerja pada saat Hari Raya Idulfitri. Seperti tahun-tahun sebelumnya, para perwira ini tetap bertugas seperti biasa demi menjaga keberlangsungan operasional proyek meskipun jauh dari daratan (lepas pantai/offshore).

Pada tahun ini, salah satu proyek yang harus dijaga keberlangsungannya oleh para perwira adalah Elnusa Hydraulic Rig-14 (EHR-14) di Wilayah Kerja (WK) Offshore North West Java (ONWJ) yang dikelola oleh Pertamina Hulu Energi (PHE) ONWJ. 

Bambang Hermanto, Supervisor EHR-14, menceritakan bahwa pekerjaan pada unit hydraulic workover sangat penting untuk terus dijaga keberlangsungannya demi mempertahankan atau memperbaiki serta menambah produksi minyak dan gas bumi (migas), dengan cara mengubah atau mengolah zona produksi.

Sebagai blok migas yang telah beroperasi lebih dari 50 tahun dan sudah tergolong lapangan mature, WK ONWJ masih menyumbangkan produksi migas yang cukup signifikan. Berdasarkan data PHE ONWJ sampai dengan medio Maret 2024, realisasi produksi minyak Blok ONWJ sebesar 25.773 barel minyak per hari (bopd), sementara realisasi produksi gas sebesar 73,5 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.