Toyota Andalkan Mobil Hybrid untuk Mudik Lebaran, BBM Irit dan Bertenaga

PT Toyota Astra Motor (TAM) mengandalkan mobil hibrida atau hybrid electric vehicle (HEV) untuk pengguna Toyota melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

Rizqi Rajendra

7 Apr 2024 - 15.31
A-
A+
Toyota Andalkan Mobil Hybrid untuk Mudik Lebaran, BBM Irit dan Bertenaga

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,secara simbolis melepas tim Jelajah Lebaran 2024 di Jakarta, Jumat (5/3/2024). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengandalkan mobil hibrida atau hybrid electric vehicle (HEV) untuk pengguna Toyota melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan, produk elektrifikasi andalan Toyota yang cocok untuk melakukan perjalanan jauh selama periode mudik Lebaran 2024 yakni Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid dan Toyota Yaris Cross Hybrid karena konsumsi BBM yang irit.

Misalnya, untuk Yaris Cross Hybrid, Anton mengklaim berdasarkan tes yang sudah dilakukan rata-rata konsumsi bahan bakar mobil tersebut mencapai 1:31 liter per kilometer. Selain itu, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid memiliki kapasitas bahan bakar yang diklaim bisa menembus perjalanan Jakarta-Bali.

"Kami juga sudah siapkan, yaitu Innova Zenix Hybrid yang sudah terkenal, satu tangki penuh bisa dari Jakarta sampai Bali. Ada juga Yaris Cross Hybrid yang konsumsi BBM-nya 1 banding 31 Km, dan juga kami punya PHEV dan juga BEV seperti bZ4X," ujar Anton di Posko Siaga Toyota Rest Area Km 57 Tol Cikampek pada Kamis, (4/4/2024).

Tim Bisnis Indonesia berkesempatan untuk menjajal langsung performa Toyota Yaris Cross Hybrid dengan rute mulai dari Wisma Bisnis Indonesia, Karet Tengsin Jakarta Pusat hingga Rest Area Km 57 Tol Cikampek.

Meski diklaim irit BBM, namun tenaga yang dihasilkan oleh mesin Yaris Cross Hybrid cukup signifikan berkat perpaduan antara motor listrik dengan mesin konvensional. Dengan mesin hibrida tersebut, Yaris Cross HEV disebut mampu mengurangi emisi 40% hingga 50%.

Secara spesifikasi, Yaris Cross memiliki dua pilihan mesin, yakni bensin dan hybrid. Keduanya, sama-sama berkapasitas 1.500 cc empat silinder. Varian hybrid sanggup menghasilkan daya maksimum hingga 59 kW untuk power electric motor, dilengkapi EV Mode dan transmisi CVT menghasilkan penghematan bahan bakar yang signifikan.   

Yaris Cross Hybrid pun menggunakan suspensi depan McPherson Strut dan suspensi belakang torsion beam, sehingga masih terasa cukup nyaman ketika melewati jalanan bergelombang.

Ketika digunakan untuk menempuh perjalanan jarak jauh, Yaris Cross Hybrid juga dilengkapi dengan fitur wireless charging untuk mengisi daya ponsel tanpa menggunakan kabel. Fitur lainnya yang disematkan dalam mobil tersebut yakni panoramic sunroof.

Baca Juga: Mudik Aman dengan Mobil Listrik, Toyota Hadirkan 111 Stasiun Pengisian Daya

Sebagai tambahan informasi, Toyota Astra Motor juga menghadirkan sebanyak 111 titik stasiun pengisian daya (charging station) di seluruh Indonesia untuk mendukung pengguna Toyota yang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2024 menggunakan kendaraan listrik.

Adapun, beberapa line up mobil elektrifikasi Toyota di antaranya yakni, Toyota bZ4X BEV, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid, Toyota Alphard Hybrid, Toyota Vellfire Hybrid, Toyota RAV4 GR Sport Plug -in Hybrid, Toyota Yaris Cross Hybrid, Corolla Cross Hybrid. Toyota Corolla Altis Hybrid, dan Toyota Camry Hybrid.

"Kami menyiapkan 111 titik charging station yang tersebar di seluruh Indonesia agar dapat memberikan rasa tenang sepanjang jalan mudik Lebaran. Tak hanya bagi pelanggan mobil Toyota pada umumnya, namun juga kendaraan elektrifikasi jenis HEV, BEV, dan PHEV yang semakin populer dan diminati masyarakat," pungkas Anton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.