Free

Toyota Prius Hybrid Reborn, Siasat Agar Populer Lebih Panjang

Toyota meluncurkan All-New Prius untuk pertama kalinya secara global, Rabu (16/11/2022). Masuk pasar sejak 1997, Prius generasi terbaru dibangun dengan konsep Hybrid Reborn dengan harapan tetap populer dalam 25 tahun mendatang.

Fatkhul Maskur

16 Nov 2022 - 18.00
A-
A+
Toyota Prius Hybrid Reborn, Siasat Agar Populer Lebih Panjang

Purwarupa Prius PHEV 2.0-liter. -Foto Toyota

Bisnis, JAKARTA ― Toyota meluncurkan All-New Prius untuk pertama kalinya secara global, Rabu (16/11/2022). Masuk pasar sejak 1997, Prius generasi terbaru dibangun dengan konsep  Hybrid Reborn dengan harapan tetap populer dalam 25 tahun mendatang. 

Toyota All-New Prius  dihadirkan dalam varian model seri parallel hybrid (HEV) yang akan masuk pasar pada musim dingin tahun ini dan model plug-in hybrid (PHEV) yang akan diluncurkan pada musim semi 2023.

Hadir dengan tagline Just in Time for the 21st Century, Prius pertama kali diluncurkan pada 1997 sebagai mobil hibrida pertama yang diproduksi secara massal di dunia. 

Generasi kedua memperkenalkan siluet monoform khas Prius untuk pertama kalinya, dan memberikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik dengan penyertaan seri parallel hybrid system (THSII) yang berevolusi. 

Prius generasi ketiga memperkenalkan mesin berkapasitas lebih besar 1,8 liter. Sistem hibridanya tidak hanya meningkatkan efisiensi bahan bakar tetapi juga performa berkendara.

Pada generasi keempat, Prius menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk pertama kalinya guna menghadirkan peningkatan kinerja lingkungan dan pengalaman berkendara yang lebih baik.

Punya arti 'mendahului' dalam bahasa Latin, Prius telah memimpin perluasan HEV selama 25 tahun sejak pertama kali diluncurkan sebagai mobil ramah lingkungan generasi baru dengan efisiensi bahan bakar yang luar biasa. 

Total penjualan kumulatif Prius di seluruh dunia sejak December 1997 hingga September 2022 telah mencapai sekitar 5,05 juta unit. Kehadiran Prius diperhitungkan telah mengurangi setidaknya sekitar 82 juta ton emisi CO2 per Maret 2022.

Sementara sistem hibrida dimulai dengan Prius, hampir setiap model saat ini, dari mobil kompak hingga SUV, minivan, dan kendaraan komersial, memiliki versi hibrida yang disukai dan dinikmati oleh banyak pelanggan.

Prius telah memainkan peran utama dalam mendorong penggunaan mobil hibrida, yang mana penyebaran HEV saat ini melalui berbagai model itu telah mencapai titik balik.

Tim pengembangan memutuskan untuk memulai dari awal, dan melihat apa yang dibutuhkan Prius untuk tetap populer selama 25 tahun mendatang. Berdasarkan keinginan untuk memperbaharui Prius itu dan mengkomunikasikan daya tarik mobil hibrida ke khalayak yang lebih luas, maka diciptakanlah konsep Hybrid Reborn.

Industri otomotif mengalami transformasi sekali dalam satu abad, dengan serangkaian opsi powertrain generasi baru yang sedang dikembangkan. Agar Prius HEV dapat terus menjadi kendaraan pilihan untuk generasi mendatang, Prius baru membutuhkan lebih dari sekadar kekuatan intinya sebagai mobil yang ramah lingkungan. 

Oleh karena itu, Prius generasi terbaru dikembangkan sebagai paket yang menggembirakan dengan desain penuh gaya yang akan membuat pengguna jatuh cinta pada pandangan pertama dan performa berkendara yang menawan.

Mengikuti Jepang, Prius baru akan diluncurkan di Amerika Utara, Eropa, dan negara lain di seluruh dunia. Di Jepang, Prius juga akan ditawarkan melalui layanan langganan mobil Kinto. 


Purwarupa dua Prius generasi keempat. - Foto Toyota


DUA VERSI

Toyota Prius generasi keempat yang dibangun dengan basis platform TNGA generasi kedua dihadirkan dalam dua versi, yakni mobil listrik hibrida (HEV), dan mobil listrik hibrida colok (PHEV).

PHEV 2.0

Prius baru hadir dengan sistem hybrid plug-in 2.0 liter pertama dari Toyota untuk menghadirkan akselerasi dan ketenangan yang ditingkatkan secara dramatis dari model sebelumnya. 

Kombinasi dynamic force engine berefisiensi tinggi dan baterai lithium-ion untuk penggerak keluaran tinggi mencapai keluaran sistem maksimum sebanyak 164 kW (223 PS) dengan tetap mempertahankan tingkat efisiensi bahan bakar yang sama dengan model sebelumnya. 


Sistem PHEV (Purwarupa 2.0-liter). -Toyota


Versi ini memiliki performa dinamis dengan akselerasi PHEV yang bertenaga, mencapai 0-100 km/jam dalam 6,7 detik.

Jarak mengemudi EV sekitar 50% lebih tinggi dari model sebelumnya. Artinya, dengan peningkatan kinerja baterai, Prius baru dapat beroperasi pada mode EV saja untuk sebagian besar perjalanan sehari-hari. 

Pius PHEV ini juga dilengkapi dengan My Room Mode yang memungkinkan pengguna menikmati AC dan sistem audio dari sumber daya eksternal dengan menyalakan sakelar daya selama pengisian daya, membuat ruang interior semakin nyaman.

Paket baterai terletak di bawah kursi belakang, bukan di area kargo, memberikan Prius baru pusat gravitasi lebih rendah dan kapasitas kargo yang bertambah. Bersama-sama, fitur-fitur ini menghadirkan keseimbangan antara performa berkendara yang sportif dan peningkatan kemudahan penggunaan.


Sistem Hibrida Paralel (Purwarupa 2.0-liter). -Toyota


HEV 2.0l/1.8l

Toyota Prius versi baru ini menggunakan seri parallel hybrid system terbaru, yang menawarkan akselerasi memuaskan dan pengendaraan responsif sembari mempertahankan tingkat efisiensi bahan bakar yang sama seperti model sebelumnya. 

Output sistem maksimum adalah 144 kW (193 PS) untuk versi 2.0 liter, yang 1,6 kali lebih tinggi dari model sebelumnya, mencapai performa dinamis yang sesuai untuk Prius baru yang sportif.

Versi ini hadir dengan sistem E-Four terbaru. Dengan menggunakan motor output tinggi dan fitur lainnya, motor ini menawarkan performa menanjak yang lebih baik pada permukaan jalan dengan gesekan rendah, seperti jalan yang tertutup salju, dan stabilitas yang lebih baik saat berbelok.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.