Transaksi Bakal Turun di Ramadan, Kinerja Pasar Saham Masih Kuat

Kinerja pasar saham sepanjang bulan Ramadan diperkirakan masih akan cukup kuat, meskipun aktivitas transaksi kemungkinan tidak akan seramai seperti bulan-bulan sebelumnya.

Emanuel Berkah Caesario

2 Apr 2022 - 18.28
A-
A+
Transaksi Bakal Turun di Ramadan, Kinerja Pasar Saham Masih Kuat

Pegawai melintas di dekat layar yang menampilkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (24/1/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA — Aktivitas transaksi investor di pasar modal sepanjang bulan Ramadan diperkirakan tidak akan seramai sebelumnya karena berbagai faktor. Namun, di tengah kondisi tersebut, kinerja pasar masih berpeluang tumbuh karena ditopang oleh sejumlah sentimen positif.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, hingga akhir Maret 2022, rata-rata nilai transaksi harian bursa mencapai Rp14,44 triliun dengan frekuensi rata-rata mencapai 1,4 juta per hari. Pada akhir Maret 2022, IHSG juga ditutup di level rekor baru, yakni 7.071,44, naik 7,44 persen year-to-date (YtD).

Seiring dengan kenaikan tersebut, total nilai kapitalisasi pasar atau market cap di pasar modal Indonesia sudah mencapai Rp8.910 triliun.

Adapun, pada akhir 2021 lalu, total market cap ada di level Rp8.256 triliun, sedangkan nilai transaksi harian rata-rata sebesar Rp13,37 triliun, dengan frekuensi sebanyak 1,29 juga kali per hari. Terlihat bahwa sepanjang kuartal pertama tahun ini, terjadi peningkatan yang signifikan dibanding 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Transaksi Bakal Turun di Ramadan, Kinerja Pasar Saham Masih Kuat

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.