Transaksi Berjalan Mulus, Neraca Pembayaran Kuartal II Surplus

Bank Indonesia (BI) menyebutkan ketahanan eksternal terjaga dengan adanya capaian Neraca Pembayaran Indonesia atau NPI yang surplus pada kuartal II/2022. Kinerja transaksi modal dan finansial, serta investasi portofolio juga tercatat positif.

Saeno
Aug 19, 2022 - 7:14 AM
A-
A+
Transaksi Berjalan Mulus, Neraca Pembayaran Kuartal II Surplus

Bisnis, JAKARTA — Indonesia dinilai memiliki ketahanan eksternal yang bagus di tengah kondisi global yang masih tidak menentu. Bank Indonesia (BI) menyebutkan ketahanan eksternal terjaga dengan adanya capaian Neraca Pembayaran Indonesia atau NPI yang surplus pada kuartal II/2022. Kinerja transaksi modal dan finansial, serta investasi portofolio juga tercatat positif. 

Neraca pembayaran Indonesia kuartal II/2022 mencatatkan surplus US$2,4 miliar. Kondisi tersebut berbalik positif dari catatan defisit US$1,8 miliar pada kuartal I/2022.  

"Peningkatan kinerja NPI tersebut didukung oleh surplus transaksi berjalan yang meningkat dan perbaikan defisit transaksi modal dan finansial," ujar Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono, Jumat (19/8/2022). 

Posisi cadangan devisa pada akhir Juni 2022 mencapai US$136,4 miliar atau setara dengan pembiayaan 6,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Jumlah tersebut berada di atas standar kecukupan internasional. 

Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Transaksi Berjalan Mulus, Neraca Pembayaran Kuartal II Surplus

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ