Free

Transaksi di Pegadaian Meningkat saat Ramadan, Gadai Emas Masih Dominan

Ada kencederungan apabila mendekati lebaran, masyarakat atau nasabah justru melakukan tebus barang yang mereka gadai.

Pernita Hestin Untari

10 Apr 2024 - 12.00
A-
A+
Transaksi di Pegadaian Meningkat saat Ramadan, Gadai Emas Masih Dominan

Karyawan menunjukan emas di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Rabu (13/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis, JAKARTA— PT Pegadaian mencatat transaksi gadai saat Ramadan 2024 meningkat. Adapun per 24 Maret 2024 atau selama dua minggu pertama Ramadan jumlah penyaluran gadai mencapai Rp6,3 triliun. 

Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian Zulfan Adam mengatakan, angka itu tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya. Sementara untuk portofolio posisi pinjaman gadai per 24 maret 2024, lanjutnya, masih menunjukkan angka positif pada periode Ramadan yakni naik Rp487 Miliar atau sekitar 1% sejak awal bulan Ramadan.

“Biasanya tren gadai di awal Ramadan memang mengalami peningkatan. Kebanyakan nasabah membutuhkan dana segar untuk dipakai membuka usaha takjil misalnya, atau untuk kebutuhan lainnya,” kata Zulfan saat dihubungi Bisnis,dikutip Rabu (10/4/2024). 

Baca Juga: Super Gadai Indonesia Kantongi Izin OJK

Dia mengatakan, kecenderungan apabila mendekati lebaran, masyarakat atau nasabah justru melakukan tebus barang yang mereka gadai. Salah satu faktornya karena masyarakat sudah dapat tunjangan hari raya (THR) sehingga lebih memilih menebus barang yang mereka gadai untuk bisa dipakai juga saat lebaran.

Adapun jenis barang jaminan gadai, emas masih menjadi barang jaminan yang paling banyak digadaikan oleh nasabah. “Dengan proporsi sekitar 98% dari seluruh jenis barang jaminan yang diterima oleh Pegadaian,” kata Zulfan. 

Baca Juga: Gadai Makin Merekah, OJK Beri Izin Usaha Pusat Gadai Delisa

Zulfan meyakini bahwa meningkatnya transaksi gadai saat Ramadan merupakan faktor kepercayaan dari nasabah yang sudah turun-temurun bahwa Pegadaian menjadi tempat yang aman untuk "menyekolahkan" emas apabila sedang ada kebutuhan finansial. 

“Selain itu tren kenaikan harga emas dari tahun ke tahun yang berpengaruh terhadap nilai uang pinjaman menjadi daya tarik nasabah untuk bertransaksi di Pegadaian,”katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.