Tren Kontraksi Bulanan Penjualan Eceran Berlanjut pada Mei 2024

Kelompok peralatan informasi dan komunikasi; sandang; makanan, minuman, dan tembakau jadi penyebab kontraksi tersebut. Hal ini ditengarai sebagai dampak normalisasi harga pasca Lebaran 2024.

Annasa Rizki Kamalina

11 Jun 2024 - 19.18
A-
A+
Tren Kontraksi Bulanan Penjualan Eceran Berlanjut pada Mei 2024

Ilustrasi aktivitas penjualan eceran./BISNIS

Bisnis, JAKARTA - Bank Indonesia (BI) melaporkan perkiraan kinerja penjualan eceran pada Mei 2024 melanjutkan tren kontraksi secara bulanan sebesar 1% (month-to-month/MtM). 

Beberapa kelompok tercatat menurun dan berada pada fase kontraksi. Secara terperinci, beberapa kelompok yang tercatat menurun dan berada pada fase kontraksi, antara lain Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi (-10,4% MtM), Subkelompok Sandang (-7,0%, MtM), serta Kelompok Makanan, Minuman, dan Tembakau (-0,5%, MtM) yang disebabkan oleh kembali normalnya aktivitas masyarakat pasca-HBKN Idulfitri.

Kepala Departemen Komunikasi sekaligus Asisten Gubernur BI Erwin Haryono menyampaikan kenaikan tersebut beriringan dengan normalisasi aktivitas masyarakat pasca Lebaran atau Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idulfitri. 

“Kontraksi lebih dalam tertahan oleh beberapa kelompok yang masih tumbuh positif, yaitu Kelompok Suku Cadang dan Aksesori serta Bahan Bakar Kendaraan Bermotor,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (11/6/2024). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.