Tren Lesu Simpanan Valas Bank di Tengah Ambrolnya Kurs Rupiah

Nilai tabungan dan deposito valuta asing di sistem perbankan Indonesia mengalami tren penurunan. Pelemahan nilai tukar rupiah ditengarai menjadi salah satu faktornya. Meski begitu, sejumlah bank besar mengaku tak khawatir dengan kondisi tersebut.

Fahmi Ahmad Burhan

26 Okt 2023 - 18.40
A-
A+
Tren Lesu Simpanan Valas Bank di Tengah Ambrolnya Kurs Rupiah

Ilustrasi valuta asing. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Simpanan valuta asing (valas) perbankan menunjukkan tren penurunan saat memasuki paruh kedua tahun 2023, bahkan jenis tabungan valas mulai mengalami perlambatan pertumbuhan. Apa penyebabnya?

Menurut data yang diambil dari laporan Analisis Uang Beredar yang dirilis oleh Bank Indonesia (BI), nilai penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) valas di sektor perbankan mencapai Rp1.156,4 triliun pada bulan September 2023. Porsi DPK valas ini mencapai 14,63% dari total DPK perbankan yang mencapai Rp7.900,7 triliun.

Meskipun pertumbuhan DPK valas pada September 2023 masih tercatat positif, yaitu sebesar 8,8% secara tahunan (year-on-year/ YoY), pertumbuhan ini telah melambat dibandingkan dengan periode sebelumnya.

Baca Juga:

Target Kredit Bankir Tak Berubah Meski Bunga BI Makin Tinggi

Survei BI: Laju Simpanan Nasabah Bank Mengalir Deras Akhir Tahun

Bisnis Remitansi Bank Jumbo Tumbuh Subur

Kala Kinerja BPD Makin Lesu di Awal Semester Kedua 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Tren Lesu Simpanan Valas Bank di Tengah Ambrolnya Kurs Rupiah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.