Free

Tren Perangkat AI Dalam Mengurangi Jejak Karbon Rumah Tangga

Perangkat tersebut menggunakan algoritma canggih dan teknik pembelajaran mesin untuk menganalisis data, membuat keputusan, dan melakukan tugas hanya dengan sedikit campur tangan manusia.

Yanita Petriella

5 Mei 2024 - 15.49
A-
A+
Tren Perangkat AI Dalam Mengurangi Jejak Karbon Rumah Tangga

Bisnis, JAKARTA – Cisco memprediksi pasar teknologi artificial intelligence (AI) di Indonesia diperkirakan akan mencapai US$212,6 juta pada 2023 dengan laju pertumbuhan tahunan sebesar 27%.
Berkembangnya teknologi menawarkan banyak kemudahan kepada manusia termasuk di bidang pembersihan rumah. Teknologi terus berkembang untuk membuat hidup manusia lebih efisien dan nyaman. Kini banyak perusahaan mengembangkan perangkat bertenaga AI untuk mengubah cara dalam membersihkan rumah. 

Dikutip dari laman Rumah123, konsep AI dalam pembersihan rumah melibatkan penggunaan perangkat pintar yang dapat belajar, beradaptasi, dan meningkatkan kinerjanya seiring waktu. 

Perangkat tersebut menggunakan algoritma canggih dan teknik pembelajaran mesin untuk menganalisis data, membuat keputusan, dan melakukan tugas hanya dengan sedikit campur tangan manusia. 

Baca Juga: Model AI Terkecil Hemat Biaya dari Microsoft

Perangkat pembersih rumah tangga yang didukung AI dapat melakukan tugas dengan lebih efisien dan efektif dibandingkan perangkat manusia. 

Salah satunya, penyedot debu berkemampuan AI dapat menavigasi rintangan, mengidentifikasi area yang memerlukan perhatian ekstra, dan secara otomatis menyesuaikan daya hisapnya agar sesuai dengan jenis lantai yang berbeda.
Kehadiran AI juga berpotensi menjadikan pembersihan rumah lebih berkelanjutan. Hal ini karena perangkat bertenaga AI menjadi lebih pintar dan efisien sehingga memerlukan lebih sedikit energi untuk menjalankan tugasnya dan mengurangi jejak karbon. 

Adapun salah satu manfaat yang paling signifikan dari perangkat pembersih rumah bertenaga AI yakni menghemat waktu. Lalu pembersih bertenaga AI dirancang agar melakukan tugasnya dengan lebih presisi dan menyeluruh dibandingkan pembersihan manual. 

Salah satu perangkat dengan teknologi AI yakni Ecovacs. Selama lebih dari 26 tahun, Ecovacs telah memainkan peranan kunci dalam mendefinisikan kategori baru robot layanan yang mengubah industri. Adapun terdapat 3 merek yakni pembersih vakuum robotik pertama di dunia Deebot, pembersih jendela robotik pertama di dunia Winbot, dan pemurni udara robotik pertama di dunia Airbot.

Jun Ji-hyun, aktris dan model asal Korea Selatan, ditunjuk menjadi brand ambassador Ecovacs Robotics. Dia dipilih karena memiliki citra pribadi yang positif dengan beragam penghargaan.

CEO Ecovacs Robotics David Cheng mengatakan karisma, kepercayaan diri, dan keaslian Jun Ji-hyun terus memikat hati dan pikiran publik sehingga menjadikannya perwujudan ideal dari komitmen berkelanjutan Ecovacs terhadap inovasi produk pembersihan rumah.

“Kepribadian dinamis Jun Ji-hyun dan dedikasi persistensi untuk mencapai keunggulan dalam karier membuatnya menjadi brand ambassador ideal kami di kawasan regional ini,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.