Tren Sewa Rumah di Jabodetabek Meningkat di Tengah Tingginya Harga Properti

Harga properti hunian yang mahal berdampak pada meningkatnya penyewaan rumah oleh generasi muda.

Yanita Petriella

20 Mar 2024 - 23.10
A-
A+
Tren Sewa Rumah di Jabodetabek Meningkat di Tengah Tingginya Harga Properti

ilustrasi pasangan punya rumah. /istimewa

Bisnis, JAKARTA – Harga properti hunian setiap tahunnya mengalami kenaikan yang tentu menggerus daya beli masyarakat. Pasalnya, kenaikan harga rumah sendiri tak seiring dengan kenaikan pendapatan setiap tahunnya. Hal ini membuat tren generasi muda untuk menyewa rumah mengalami peningkatan.

Adapun berdasarkan data Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia, Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) kuartal IV tahun 2023 yang secara tahunan tumbuh 1,74% 1 (year-on-year/YoY), lebih rendah dibandingkan pertumbuhan kuartal sebelumnya yang mencapai 1,96% (YoY).

Peningkatan IHPR tersebut terutama disebabkan oleh kenaikan harga properti tipe kecil yang meningkat sebesar 2,15% (YoY), melanjutkan kenaikan pada kuartal III tahun 2023 yang sebesar 2,11% (YoY). Peningkatan lebih lanjut tertahan oleh perlambatan kenaikan harga rumah tipe menengah dari 2,44% (YoY) pada kuartal III tahun 2023 menjadi 1,87% (YoY). Sementara itu, harga rumah tipe besar tumbuh 1,58% (YoY), lebih rendah dibandingkan kenaikan kuartal sebelumnya yang sebesar 1,70% (YoY).

Head of Research Rumah123 Marisa Jaya mengatakan secara umum pertumbuhan rumah sewa di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup konsisten dalam setahun terakhir yakni mencapai hampir 75%. Permintaan hunian yang disewa di Indonesia tercatat pulih lebih cepat dibandingkan dengan permintaan hunian yang dijual pascapandemi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
company-logo

Lanjutkan Membaca

Tren Sewa Rumah di Jabodetabek Meningkat di Tengah Tingginya Harga Properti

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.